JAKARTA - Sebanyak 340 ribu personel TNI-Polri dikerahkan di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota, untuk mendisiplinkan warga mematuhi protokol kesehatan, sebagai persiapan new normal atau tatanan kehidupan baru.

''Akan digelar di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota mulai hari ini,'' kata Presiden Joko Widodo (Jokowi), seusai meninjau kesiapan new normal di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2020) pagi, seperti dikutip dari Kompas.com.

Presiden Jokowi menambahkan, pengerahan ratusan ribu personel TNI-Polri di empat provinsi itu dilakukan mulai hari ini, Selasa.

''Akan digelar mulai hari ini,'' ujarnya.

Jokowi berharap kehadiran personel TNI-Polri di ruang publik membuat masyarakat lebih tertib dan taat dalam mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona.

''Lebih mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan sesuai PSBB,'' sambung Jokowi.

Dengan demikian, lanjut Jokowi, kurva penambahan kasus harian kasus positif Covid-19 akan menurun dan masyarakat bisa beraktivitas normal kembali.

''Kita harapkan nantinya dengan dimulainya TNI-Polri ikut secara masif mendisiplinkan masyarakat, menyadarkan masyarakat sehingga kurva dari penyebaran Covid-19 menurun,'' ucap Jokowi.

Sementara, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan, keempat provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat dan Gorontalo.

Sampai Senin kemarin, DKI Jakarta memang menjadi provinsi dengan kasus Covid-19 paling tinggi, yakni 6.709 kasus. Sementara di Jawa Barat ada 2.113 kasus. Sedangkan di Sumatera Barat 478 kasus dan Gorontalo 58 kasus.

Namun, Hadi Tjahjanto tak merinci lebih jauh 25 kabupaten/kota yang dimaksud. Ia hanya menyebut salah satunya, Bekasi, Jawa Barat.

Hadi menyebutkan personel yang dikerahkan sebanyak 340.000 orang karena jumlah jumlah objek yang harus diamankan mencapai 1.800.

''Karena kita harus mengamankan di 1.800 objek,'' kata dia.

Hadi menambahkan, kehadiran aparat diharapkan mendisiplinkan warga mematuhi protokol kesehatan di ruang publik, yakni mengenakan masker dan menjaga jarak fisik.***