JAKARTA - Anggota DPR dari Partai Gerindra, Mulan Jameela mengunggah foto kacamata dengan merk Gucci di akun Instagram pribadinya. Unggahan ini pun menarik perhatian banyak pihak termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi yang langsung mengingatkan Mulan tentang etika sebagai pejabat negara.

Postingan ini pertama kali diunggah Mulan lewat akun Instagramnya pada Kamis (17/10/2019). Terlihat foto tiga kacamata dengan kartu bertuliskan Gucci.

"Bismillahirrahmanirrahim...Terimakasih @jakarta_eyewear ngirim kacamata sebagus ini, buat sahabat onlineku yang lagi cari supplier kacamata termurah. bisa order langsung di @jakarta_eyewear ya...," tulis Mulan dalam postingannya tersebut.

Postingan tersebut dikritik oleh KPK dan sempat menimbulkan kontroversi. Berikut sederet fakta tentang postingan kacamata Mulan Jameela yang membuatnya disentil KPK.

1. Postingan Diunggah

Mulan Jameela mengunggah postingan tersebut lewat akun Instagram @mulanjameela1 pada Kamis (17/10). Postingan tersebut memperlihatkan tiga kacamata di sebuah kotak disertai kartu bertuliskan Gucci di dalamnya.

Dalam caption yang mengiringi postingan tersebut, terlihat digunakannya tagar #paidpromote yang menandakan produk tersebut merupakan endorsement.

"Bismillahirrahmanirrahim...Terimakasih @jakarta_eyewear ngirim kacamata sebagus ini, buat sahabat onlineku yang lagi cari supplier kacamata termurah. bisa order langsung di @jakarta_eyewear ya...," tulis Mulan dalam postingannya tersebut.

2. Diingatkan KPK

Akibat postingan kacamata tersebut, wanita bernama asli Raden Terry Tantri Wulansari ini mendapat teguran dari KPK. Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan bahwa seorang penyelenggara negara harus jauh dari konflik kepentingan.

Saut juga bicara tentang norma dan etika sebagai pejabat publik yang harus diperhatikan seseorang ketika sedang menjabat. Saut juga mengingatkan aturan bagi pejabat untuk menolak atau melaporkan segala bentuk pemberian dari pihak lain kepada KPK.

"Potongan (rabat) atau diskon saja direkomendasikan untuk ditolak atau dilaporkan ketika anda seorang penyelenggara negara, karena sulit dipahami bahwa pemberian itu tidak ada kaitan dengan posisi anda sebagai penyelenggara negara. Ya saran saya dilaporkan saja ke KPK," ucap Saut.

3. Klarifikasi Mulan

Setelah ditegur KPK, pelantun lagu 'Makhluk Tuhan Paling Seksi' ini pun menyampaikan klarifikasinya. Lewat Instagram Stories, Mulan menjelaskan bahwa postingan tersebut adalah paid promote yang diterima admin.

"Postingan di atas adalah paid promote yang diterima admin saya dan dia posting dengan caption tanpa di filter. Dan, kemarin sudah saya perbaiki caption-nya agar tidak terjadi kesalahpahaman," klarifikasi Mulan Jameela dilihat, Jumat (18/10/2019).

"Jadi saya tidak menerima produknya sama sekali," tegasnya.

Mulan pun sempat memperbaiki caption di postingan tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman. Lebih lanjut, Mulan akhirnya menghapus postingan tersebut demi kenyamanan bersama.

"Online shop yang berkaitan dengan paid promote kacamata meminta saya untuk menghapus paid promote tersebut demi kenyamanan semua pihak," tulis Mulan Jameela dalam Instagram Stories miliknya, Jumat (18/10/2019).

4. Diduga Bukan Kacamata Gucci Asli

Kacamata yang dijual oleh online shop @jakarta_eyewear tersebut dijual seharga Rp 190 ribu. Dilihat dari akun Instagram mereka tipe kacamata tersebut adalah GC Nippon Grey.

Online shop tersebut memang tidak mengklaim langsung bahwa kacamata yang dijualnya adalah merk Gucci. Tapi tulisan 'Gucci' pada kartu di dalam kotak mengindikasikan kalau aksesoris tersebut merupakan produk dari rumah mode asal Italia tersebut.

Gucci sendiri merupakan merek high-end yang produknya dibanderol hingga jutaan rupiah. Untuk kacamata dengan desain yang mirip seperti dipromosikan Mulan, dibanderol seharga USD 505 atau sekitar Rp 7,1 juta.

Namun dilihat dari situs resmi Gucci, tidak ditemukan model yang sama persis seperti kacamata yang ditampilkan di Instagram Mulan Jameela. Begitu pula kacamata seri GC Nippon Grey.

5. Mulan Janji Jaga Diri dari Korupsi

Setelah menghapus postingan kacamata tersebut, Mulan Jameela mengucapkan terima kasih kepada Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. Ia pun berjanji untuk menjaga diri agar tidak korupsi.

"Saya ucapkan terima kasih untuk Bapak Saut Situmorang selaku Wakil Ketua KPK, sudah memberikan masukan yang sangat positif untuk saya secara pribadi. Dan ini bisa jadi pelajaran untuk semua pihak," tutur Mulan.

"Alhamdulillah saya sudah klarifikasi bahwa postingan itu terjadi kesalahan input caption yang sudah dikirim oleh pihak online shop tanpa admin atau pihak saya filter terlebih dahulu. Dan insyaallah saya beserta Partai Gerindra akan selalu menjaga kebersihan dari korupsi," tutup Mulan Jameela.***