PEKANBARU - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Gelombang II yang dimulai hari ini, Sabtu (11/5/2019) diikuti sekitar 14.830 peserta.

Koordinator TIK Panitia Pusat UTBK Universitas Riau (Unri), Defrianto, mengatakan jumlah peserta yang mengikuti ujian pada hari pertama untuk sesi pagi dan siang rata-rata berjumlah 1.483 peserta.

"Untuk hari ini, jumlah peserta pada dua sesi masing-masing diikuti 1.483, dan untuk total keseluruhannya ada 14.830 peserta," kata Defrianto di Pekanbaru, Sabtu, (11/5/2019).

Defrianto menuturkan, jumlah peserta yang mengikuti UTBK Gelombang II lebih sedikit dibandingkan dengan Gelombang pertama, namun untuk perbandingan jumlah tidak terlalu signifikan.

Ads
"Gelombang II memang lebih sedikit, jika dibandingkan dengan pelaksanaan sebelumya, untuk selisihnya pun tidak terlalu  banyak, ada sekitar ratusan peserta. Dan total peserta tetap dengan jumlah 14.000 an," tambahnya.

Disisi lain, pada pelaksanaan UTBK gelombang II, Defrianto menjelaskan UTBK yang awalnya dilaksanakan di 10 titik sekolah selain Unri dan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Siska Riau), saat ini hanya tujuh sekolah yang masih menjadi lokasi tes.

Tiga sekolah yang tidak lagi menjadi titik pelaksanaan tersebut sejak awal telah memberikan pernyataan ketidak ikut sert anya pada pelaksanaan UTBK gelombang II dikarenakan adanya ujian online.

"Jadi hanya ada tujuh sekolah yaitu, SMA 8 Pekanbaru, SMK 2 Pekanbaru, SMK Muhammadyah, SMK 5 Pekanbaru, SMK Farmasi, SMK Labor, dan terakhir SMA 1 Pekanbaru," tuturnya.

Seperti yang di ketahui, UTBK gelombang II dilaksanakan pada tanggal 11 Mei sampai 26 Mei 2019, dengan dua sesi tes yaitu pagi pukul 7.30 WIB sampai pukul 11.45 dan sesi siang pada pukul 12.30 WIB sampai 16.45 WIB. ***