PEKANBARU – Hujan dengan intensitas rendah hingga deras mengguyur Kota Pekanbaru beberapa hari ini. Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru juga masih memprediksi cuaca berpotensi hujan deras di sejumlah kecamatan di Kota Pekanbaru, Rabu (3/8/2022).

Cuaca dengan guyuran hujan selalu membuat was-was sejumlah warga yang bermukim atau melintas di wilayah rawan banjir. Apalagi, banjir merupakan masalah yang selama bertahun-tahun menghantui warga Pekanbaru kala musim hujan tiba.

Namun, meskipun hujan terus mengguyur, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru mengklaim sejak 1 Agustus hingga hari ini, Kota Pekanbaru masih aman dari banjir. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Darlog BPBD Pekanbaru, Alan Kurnia, Rabu (3/8/2022).

"Saat ini masih nihil banjir, catatan kita sejak tanggal 1 Agustus sampai hari ini adalah zero flood," ujarnya.

Ia tidak menampik jika beberapa ruas jalan yang terpantau GoRiau.com, tergenang air pasca hujan kemarin. Namun, menurutnya genangan air tersebut hanya bertahan beberapa saat pasca hujan berhenti.

"Tidak ada yang bertahan (genangan air/banjir di jalan). Ketika hujan reda, beberapa saat sudah hilang (genangan, red)," jelasnya.***