PEKANBARU - Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, mendadak melakukan tes urin, Senin (16/12/2019) di Gedung Dinas Pekerjaan Umum Riau Jalan SM Amin, Kota Pekanbaru.

Dari pantauan GoRiau.com di lokasi tes urine, seluruh ASN dan honor dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan), dan Pokja ULP.

ASN dan honor dari Dinas PUPR yang melakukan tes urin sejumlah 941 orang, yang terdiri 546 ASN dan 395 honor. Sedangkan Dinas Perkimtan ada 98 ASN dan 95 honor. Sedangan untuk Pokja ULP ada ratusan orang. Jika ditotalkan ada ribuan orang yang melakukan tes urin hari ini.

Tes urine mendadak ini merupakan ide dari Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Nasution. Awalnya, dirinya menyampaikan pengarahan pada tiga instansi pemerintah tersebut. Ditengah kegiatan, tiba-tiba tim dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau masuk dan acara terhenti.

"Memang sengaja saya bawa pengarahan dulu. setelah ditengah pengarahan, tim dari BNNP Riau masuk melakukan pemeriksaan urine terhadap pegawai yang ada di dinas tersebut," kata Edy Nasution kepada GoRiau.com.

Tes urine ini, dikatakan mantan Komandan Korem 031/Wirabima, merupakan janji yang pernah disampaikannya saat melakukan sidak disejumlah kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Bahkan ini pun hasil masukan dari mahasiswa yang meminta agar dilakukan tes urine terhadap ASN dan honor.

"Ini memang komitmen kami dalam memberantan penyalahgunaan narkoba di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau," jelas Edy Nasution. ***