SIAK - Saat melakukan ekspedisi menyusuri sungai dari Kampung Rawa mekar jaya menuju Taman Nasional Danau Zamrud, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau melihat kayu Mahang yang sudah dirakit mengapung di aliran sungai.

Kayu gelondongan yang mengapung dan tak bertuan itu diduga hasil dari praktek Illegal Logging karena di sekitar lokasi juga ditemukan beberapa alat yang diduga digunakan pelaku seperti jerigen yang berisi minyak pertalite yang diduga untuk minyak mesin Chain saw (mesin untuk menebang kayu) dan tali yang diduga digunakan pelaku untuk mengikat kayu-kayu tersebut.

GoRiau Ditemukan pondok yang diduga t
Ditemukan pondok yang diduga tempat beristirahat pelaku illegal logging
Kapolres Siak AKBP Doddy F Sanjaya turun langsung melakukan penyelidikan setelah mendapatkan informasi pembalakan liar itu. Ia melihat langsung tumpukan kayu bulat lainnya jenis mahang yang masih berada di pinggir sungai dan sebagian sudah dirakit, siap untuk ditarik, Minggu (12/7/2020).

"Laporan awal itu dari personil Polres Siak yang ikut melakukan ekspedisi bersama rombongan BBKSDA Riau menyusuri sungai dari Kampung Rawa mekar jaya menuju Taman Nasional Danau Zamrud. Dan kita turun langsung melakukan penyelidikan," kata Kapolres Siak.

GoRiau Polres Siak segera buru pelaku
Polres Siak segera buru pelaku illegal logging di dekat Danau Zamrud.
Kapolres Siak menjelaskan, setelah kurang lebih 1,5 jam perjalanan menggunakan perahu mesin, di lokasi yang dilaporkan ditemukan tumpukan kayu bulat tersebut.

Masih kata Kapolres, dari titik koordinat lokasi itu merupakan Hutan Produksi Terbatas (HPT). Di lokasi tidak ditemukan satu orang pun terduga pelaku.

"Selain kayu mahang, kita juga mengamankan beberapa alat yang diduga digunakan pelaku seperti jerigen yang berisi minyak pertalite dan tali yang diduga digunakan pelaku untuk mengikat kayu kayu tersebut," ujar AKBP Doddy.

AKBP Doddy juga menuturkan bahwa Tim dari Polres Siak dan Polsek Sungai Apit sampai saat ini masih melakukan penyelidikan dilapangan lebih mendalam tentang siapa dan keberadaan para pelaku.

"Untuk sementara kita sudah mengumpulkan bahan keterangan dan mengamankan beberapa barang sebagai bukti serta berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait, Kita akan terus selidiki dan tangkap para pelaku," tegas Kapolres.***