JAKARTA - Pemudik sepeda motor asal pekalongan nekat menerobos pos penyekatan polisi, lantaran ia mengaku sudah enam tahun tidak bertemu anaknya di rumah.

Dalam video yang diunggah akun instagram @ndorobei, terlihat pemudik wanita mengaku baru pulang kerja dari Taiwan. Ia tau tindakannya itu melanggar aturan, tapi demi anaknya di rumah pemudik tersebut tidak mempedulikan apapun.

"Enam tahun pak, bayangin saya tidak ketemu anak-anak. Saya di Taiwan," ujar pemudik itu, pada Selasa (11/05/2021) dini hari.

Pemudik yang mengenakan jaket berwarna itu terus memohon kepada petugas untuk diizinkan jalan. Sebab pemudik itu mengaku merasa sehat. "Saya mohon enam tahun saya di Taiwan belum kumpul sama anak-anak, saya sehat, nggak mungkin nularin penyakit," kata pemudik tersebut.

Dengan berbagai pertimbangan, pemudik asal pekalongan ini akhirnya diizinkan melanjutkan perjalanan secara lisan. Setelah beradu argumen dengan salah satu petugas di pos penyekatan di daerah Karawang, Jawa Barat.

Video yang telah ditonton 87 ribu kali ini menuai berbagai komentar dari warganet, tak sedikit dari mereka yang merasa kasian terhadap perjuang pemudik tersebut. "Kasian kalo gini, serba salah jadinya," kata akun instagram @rossalia_emma.

"Sebenarnya polisi itu ngga salah, yang salah itu atuan pemerintah," cetus akun instagram @regard_08.

"Hei pemudik, satukan kekuatanmu. Terjang mereka yang menghalangimu untuk silaturahmi," ucap akun instagram @adreiandrians.

Sementara itu, ada beberapa warganet juga yang menyoroti kebijakan WNA China yang sudah diizinkan masuk ke Indonesia ditengah pelarangan mudik. "Lagian pemerintah menganak tirikan rakyatnya sendiri, giliran WNA aja boleh bebas keluar masuk Indonesia," ujar akun instagram @evaseptianapunarsi.***