PEKANBARU - Sapi jantan berjenis Limousin berbobot 891,55 Kg milik peternak asal Kabupaten Bengkalis, terpilih menjadi sapi kurban presiden Joko Widodo di Riau. Sapi tersebut dibeli dengan harga Rp93,5 juta.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Riau, Rahmat Setiyawan mengatakan, untuk mencari sapi kurban presiden tersebut, pihaknya mendampingi tim dari pemerintah pusat melalui kementerian pertanian. Dimana sapi yang dipilih adalah milik peternak lokal.

"Sapi kurban bantuan Presiden dari peternak asal Kabupaten Bengkalis. Sapi kurban bantuan Presiden jenis Limousin seberat 891,55 kilogram (Kg). Sapi tersebut milik Hasan Basri peternak Desa Kelapa Pati, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis," kata Rahmat, Senin (19/7/2021).

Lebih lanjut dikatakannya, sapi tersebut saat ini sudah berada di Masjid Agung An-Nur, Provinsi Riau di Pekanbaru. Selanjutnya sapi tersebut akan disembelih oleh panitia kurban setempat.

"Sore tadi sapinya sudah diserah terimakan dengan panitia kurban Masjid An-Nur," katanya.

Dijelaskan Rahmat, tahun lalu sapi kurban presiden berbobot 897 Kg berjenis persilangan antara sapi Brahman dan Angus seharga Rp68 juta. Sapi kurban presiden tersebut juga disembelih di Masjid Agung An-Nur.

"Tahun lalu sapi kurban presiden saat penyembelihan langsung disaksikan oleh pak Gubernur," katanya. ***