SELATPANJANG - Kini, Aida tak lagi minjam sepeda kayuh dari tetangganya setelah mendapatkan bantuan satu unit sepeda dari Badan Amil Zakat (Baznas) Kepulauan Meranti.

Aida (53) yang beralamat di Jalan Bahagia, Lalang, Desa Tanjung, Kecamatan Tebingtinggi Barat memang tampak sedang bahagia. Hal tersebut setelah dirinya mendapatkan bantuan sepeda dari Baznas Kepulauan Meranti dan sepeda itu langsung diantarkan oleh ketua Baznas, Sunarto.

Seperti diketahui, Aida selama ini setiap harinya berjualan kue dan sayur keliling desa di daerah tempat tinggalnya.

Suami Aida telah meninggal, sejak itulah ia ingin meningkatkan kesejahteraan keluarga kecilnya dengan berjualan sayur dan kue keliling dari desa tempat tinggalnya, Lalang, Desa Tanjung hingga ke desa lainnya.

Namun dengan keterbatasan transportasi ia harus meminjam sepeda tetangga untuk berjualan sayur dan kue keliling. Namun keterbatasan dan kesusahan yang ia hadapi tidaklah sampai membuat putus asa dan mengharapkan belas kasih orang lain. Dia terus berusaha, selain kue buatan sendiri, dia juga menjual kue yang dititipkan kepadanya dan dia hanya menerima upah.

Dengan adanya usaha tersebut bertambahlah pendapatan Aida dengan perkiraan Rp40 ribu perharinya, namun jika sepi pembeli, tidak lebih dari Rp30 ribu pendapatan yang ia dapatkan.

Adanya bantuan sepeda yang diberikan oleh Baznas, membuat dirinya sangat bersyukur dan tidak menyangka sepeda yang selama ini ia idamkan berhasil dimiliki. Sehingga ia tidak merasa malu karena sering kali meminjam lama milik tetangganya itu.

Kini dengan berjalannya waktu, Aida bisa mengais rezeki dengan berjualan sambil mengayuh sepeda menghabiskan jualannya tanpa harus memikirkan secepatnya ia harus mengembalikan sepeda.

"Saya sangat-sangat dan merasa bersyukur sekali dengan bantuan sepeda yang diberikan Baznas dan tidak menyangka. Dengan begini saya bisa jualan dan tidak harus pinjam sepeda tetangga lagi. Kadang saya segan meminjam terus sepedanya, tapi kalau tidak begitu saya tidak bisa berjualan jauh dan menghabiskan dagangan," kata Aida.

Sementara itu ketua Baznas Kepulauan Meranti, Sunarto mengatakan dengan adanya bantuan sepeda itu, dia berharap Aida bisa mencari rezeki dan mencukupi kebutuhan keluarganya.

"Dengan adanya bantuan itu kita mengharapkan ibu Aida bisa meningkatkan kesejahteraan keluarganya dan bantuan ini bisa segera beliau manfaatkan," ujarnya.

Ketua Baznas Kepulauan Meranti itu juga menjelaskan jika Baznas juga ikut bertanggungjawab menuntaskan kemiskinan bersama pemerintah. Dimana diketahui, program yang diluncurkan oleh Baznas sangat banyak bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Baznas itu punya tanggung jawab 1 persen untuk mengentaskan kemiskinan. Kita punya tanggung jawab untuk itu dan bergerak bersama-sama pemerintah, baik itu provinsi maupun kabupaten. Karenanya kami mohon dukungan dari pemerintah daerah untuk bagaimana program-program ini yang memang langsung menyentuh terhadap masyarakat yang ekonominya rendah," kata Sunarto.

Sunarto juga mengatakan jika pihaknya hampir setiap hari menyalurkan bantuan kepada para masyarakat miskin dan kurang mampu melalui beberapa program andalan Baznas yang telah dicanangkan sejak dulu.

"Baznas Kepulauan Meranti hampir setiap hari menyalurkan bantuan melalui beberapa program. Mulai dari program Meranti Sehat, Meranti Makmur dan lainnya. Dan kami punya SOP tentang siapa yang berhak untuk menerima. Dimana kita tidak langsung menyalurkan, melainkan ada semacam survei yang kita lakukan dan baru dieksekusi," pungkasnya.***