PANGKALAN KERINCI - Ketua DPRD Pelalawan, Nasarudin SH MH bersama Ketua Fraksi Golkar, Baharudin SH menggelar inspeksi mendadak (Sidak), terkait penerapan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Selasa (9/7/2019).

Sidak dilakukan ke sejumlah sekolah SMP Negeri yang ada di Pangkalan Kerinci. Dalam sidak tersebut, wakil rakyat ini memastikan PPDB berjalan baik.

"Kita ingin memastikan siswa dapat tertampung dan bisa sekolah," kata Nasarudin, disela sidaknya.

Sidak dimulai dari SMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci yang berlokasi di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Pangkalan Kerinci. Rombongan dewan ditemui langsung Kepala Sekolah (Kepsek), Abu Tohir.

Ia memberikan penjelasan, penerimaan siswa baru di SMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci menerapkan siatem zonasi. Terungkap, banyak calon siswa yang tidak tertampung disekolah ini lantaran terbatasnya ruang kelas.

Sidak pun dilanjutkan ke SMP 2 Negeri Pangkalan Kerinci. Sekolah ini masih dimungkinkan untuk dibuka melas baru, namun kendala yang mendasar kurangnya guru pengajar.

"Kita diminta untuk membuka 8 kelas baru oleh Disdik, bisa dilakukan tapi kendalanya guru pengajar kurang, terutama guru Matematika dan PPKN," kata Kepsek SMPN 2 Pangkalan Kerinci, Emilia kepada rombongan dewan.

Usai sidak Baharudin mengatakan, pihaknya meminta daftar penerimaan siswa pada sekolah yang dikunjunginya. Hal ini untuk memastikan PPDB berjalan dengan baik. Dikhawatirkan banyak siswa putus sekolah lantaran pihak sekolah menolak.

"Kita minta daftar penerimaan siswa, berapa yang diterima dan apa sudah sesuai dengan zonasi ini yang akan kita cek. Kita khawatir ada celah bermain, disurat domisili yang direkom RT/RW," paparnya, kepada GoRiau.*