SIAK SRI INDRAPURA - Masyarakat Desa Lubuk Umbut, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Riau mengaku sudah tak asing lagi dengan kehadiran kawanan gajah liar. Sebab daerahnya menjadi salah satu lintasan hewan berbelalai dan berbadan besar tersebut.

Camat Sungai Mandau, Novendra Kasmara kepada Goriau.com mengatakan kawanan gajah yang melintas di daerahnya itu terdiri dari 3 kelompok. Selain gajah dewasa jantan dan betina, terlihat juga beberapa bayi gajah.

"Namun keberadaan kawanan gajah liar ini tidak sampai mengganggu ke pemukiman warga. Hanya saja, beberapa area perkebunan warga kerap disantroni oleh kawanan gajah yang lapar. Karena memang itu sudah masuk jalur lintasannya," kata Camat, Kamis (17/10/2019).

Soal ada bayi gajah yang terluka akibat kena jerat babi itu, memang tidak ditampik oleh Camat. Bahkan warga yang dijumpainya juga mengakui sengaja memasang jerat babi itu di area perkebunan, agar tanaman mereka tidak dirusak oleh kawanan babi.

"Jadi memang warga mengakui sering memasang jerat babi di kebun mereka. Tapi nahas, justru yang terjerat malah gajah yang hewan dilindungi negara," kata Camat lagi.

Untuk bayi gajah yang terluka itu, kata Camat, kini sudah mendapat perawatan medis dari dokter hewan dan sudah dibawa ke PLG Minas. Pantauan warga setempat, dari 3 kelompok kawanan gajah yang sering melintas ini jumlahnya masing-masing mencapai 20 an ekor. ***