MALANG - Kebijakan lanjutan Kompetisi Sepakbola Liga 1 2020 yang memusatkan seluruh pertandingan di Pulau Jawa membuat sejumlah tim yang berhome base di luar Pulau Jawa menjadi tim musafir. 

Salah satunya adalah Persipura Jayapura yang memilih Malang sebagai home base mereka dalam lanjutan Liga 1 2020 mendatang.

Menanggapi kebijakan tersebut, kiper Persipura, Dede Sulaiman mengaku tak mempermasalahkan keputusan timnya yang memilih berhome base di Malang. Sebagai pemain, dia berusaha mengikuti semua arahan klub termasuk harus bermain di luar Jayapura.

“Saya pribadi mengikuti arahan dari manajemen saja, mau dimana saja saya Insya Allah siap. Enggak ada masalah buat saya yang jelas kalau saya mengikuti arahan manajemen,” ujar Dede.

Bagi Dede bermain di luar Jayapura bukan merupakan hal perdana baginya. Karena dalam dua musim terakhir, tim berjuluk Mutiara Hitam itu sempat beberapa kali berhome base di luar Jayapura. Seperti di Gelora Delta Sidoarjo dan terakhir diawal musim ini mereka berhome base di Stadion Klabat Manado Sulawesi Utara karena Stadion Mandala Jayapura direnovasi untuk gelaran PON Papua.

Meski tak mempermasalahkan bermain di luar Jayapura, Dede mengakui akan lebih semangat tampil di lapangan apabila bisa disaksikan publik mereka sendiri di Jayapura. 

“Sejak 2 tahun terakhir sih memang Persipura sering berhomebase di luar Jayapura. Berat sih enggak, tapi kita pasti akan lebih semangat lagi kalau main di Jayapura karena lebih banyak suporter kita di sana,” tutupnya.

Kendati demikian, laga lanjutan Shopee Liga 1 2020 mendatang dipastikan digelar tanpa kehadiran penonton dikarenakan pandemi Covid-19.  ***