PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau sementara, Zukri Misran mengatakan, bahwa pihaknya meminta agar pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengambil langkah konkrit untuk mengurangi dampak akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Diantaranya, meminta agar pemprov menjadikan kantor-kantor pemerintah dan swasta sebagai tempat untuk menampung masyarakat yang terkena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

"Jadi dalam perjalanan ada yg terkena ISPA bisa ditempatkan dulu disana. Khususnya lansia, ibu hamil, dan anak-anak," kata Zukri di Pekanbaru, Jumat (13/9/2019).

Selanjutnya, politisi PDIP ini menyarankan agar fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan klinik digunakan untuk penampungan dan perawatan bagi masyarakat yang terdampak kabut asap.

"Kita harapkan pemprov teruskan rekomendasi ini ke swasta, agar 24 jam non stop pelayanan kesehatan tetap dilakukan selama status darurat masih diberlakukan," sebutnya.

"Terakhir, pegawai pemerintah dan swasta yang lansia dan ibu hamil kita harapkan diliburkan sampai kondisi kembali stabil," pungkasnya.***