PEKANBARU - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan mengatakan, bahwa pelantikan bagi 204 pejabat eselon IV di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pada Jumat (7/8/2020) siang nanti akan dilaksanakan secara daring.

"Pak gubernur akan melantik pejabat eselon IV ini secara daring di masing-masing Kantor OPD (Organisasi Perangkat Daerah), nanti mulai pukul dua sore," kata Ikhwan di Pekanbaru, Jumat pagi.

Pelantikan secara daring ini menjadi alternatif mengingat kasus Covid-19 di Riau sedang merajalela. Yang mana dalam seminggu terakhir kasus Covid-19 di wilayah ini memang melonjak dratis.

Sementara itu, pelantikan daring ini sendiri berpedoman pada Surat Edaran (SE) BKN Nomor 10/SE/IV/2020 tentang Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji PNS atau Sumpah/Janji Jabatan Melalui Media Elektronik/ Teleconference Pada Masa Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona. SE ini ditandatangani pada 2 April 2020.

"Pelantikannya seperti yang dilakukan oleh BKN, pelantikan online. Misalnya pejabat ini mau dilantik di BKD dan posisi dia sebelum dilantik itu di Bappeda, maka dia dilantiknya di Bappeda tempat awalnya," jelasnya. ***