NEW DELHI - Dampak pandemi Covid-19 yang mewabah menyebabkan pelaksanaan Asian Games yang dijadwalkan berlangsung di kota Hangzhou, China, pada September ditunda hingga 2023. Penundaan itu diumumkan Randhir Singh, pejabat Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) seperti dilansir Reuters, Jumat (6/5/2021).

Tadinya, pesta oilahraga empat tahunan negara-negara Asia edisi ke-19, kedua setelah Olimpiade Musim Panas, dijadwalkan berlangsung dari 10-25 September di ibukota Provinsi Zhejiang, sekitar 175 kilometer barat daya Shanghai, China.

Keputusan untuk menunda Asian Games 2022 itu diambil pada pertemuan dewan eksekutif OCA di Tashkent. Apalagi, sebagian besar event olahraga internasional di China telah ditunda atau dibatalkan sejak awal pandemi Covid-19, dengan pengecualian Olimpiade Musim Dingin, yang berlangsung di Beijing di bawah kontrol kesehatan yang ketat pada Februari.

Penyelenggara Hangzhou mengatakan pada awal April bahwa semua 56 tempat kompetisi untuk Olimpiade telah selesai dan acara uji coba berlanjut saat kota tepi danau bersiap untuk menampung lebih dari 11.000 atlet dari 44 negara dan wilayah. ***