DURI - Sejak tahun 1994, PT Chevron Pasifik Indonesia sudah menjadi penyuplai tetap pasokan air baku untuk di PDAM Tirta Dharma Duri. Bahkan hingga kini, mesin untuk mendistribuaikan pasokan air tidak pernah berhenti.

Team Leader Central Gathering Station 1, Kukuh Kurniawan kepada wartawan yang melakukan kunjungan ke lokasi pengolahan air PT Chevron Pasifik Indonesia mengatakan CPI memiliki dua mesin untuk mendistribusikan pasokan air ke PDAM Duri.

"Dari dua mesin ini, 1 yang hanya bekerja setiap hari. Satunya lagi cadangan untuk cadangan jika sewaktu-waktu mesin yang satunya rusak. Sehingga pendistribusian air ke PDAM Duri tidak terganggu," kata Kukuh menjelaskan.

Kukuh juga menjelaskan segala fasilitas di area waduk pengolahan air PT CPI beserta bagaimana teknis air baku tersebut hampir seperempat abad lamanya dinikmati masyarakat Duri dan sekitarnya. 

Ads
"Jadi, selain untuk pasokan air baku PDAM Duri, air ini juga sangat membantu kebutuhan operasional di ladang minya CPI. Produksi minyak mentah di seluruh area PT CPI ini juga membutuhkan air dari sini," kata Kukuh lagi. 

Mengenai jumlah air yang didistribusikan ke PDAM Duri, juga ada alat ukurnya. "Ada meteran untuk menghitung debit air yang disuplai ke PDAM Duri," kata Kukuh sembari mengajak rekan media untuk melihat langsung bentuk meteran yang dimaksud. 

Rudi Arief selaku Manager Corporate Affairs Asset North juga turut mendampini kunjungan sejumlah media ke lokasi pengolahan air PT CPI. ***