PEKANBARU - Dinas Sosial (Dissos) Provinsi Riau akan memvalidasi calon penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) 2018 di Riau. Validasi terhadap sekitar 82 ribu kepala keluarga ini pun akan melibatkan tim pendamping PKH demi kelancaran proses verifikasinya.

Kepala Dissos Riau, Dahrius Husein mengatakan, memang setiap menjelang akhir tahun Dissos harus melakukan validasi, sebab banyak data penerima PKH yang berubah seiring waktu sehingga harus diperbaiki.

"Verifikasi ulang hanya untuk memastikan apakah golongan penerima PHK itu betul layak terima bantuan atau tidak. Jangan sampai, masih ada golongan masyarakat yang seharusnya layak terima PKH malah tidak masuk dalam pendataan," kata Dahrius kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Sabtu (18/11/2017). 

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Riau ini menguraikan, bahwa bantuan PKH yang diperuntukkan bagi 82 ribu penerima itu totalnya mencapai Rp141 miliar. Nantinya, setiap keluarga pemegang kartu PKH akan dapat bantuan sebesar Rp1,8 juta.

"Kalau sudah selesai verifikasi, kita harus sampaikan lagi ke pusat sampai akhir November ini. Ke depan data ini yang akan dipakai dengan sistem informasi kesejahteraan sosial, dan masuk dalam basis data terpadu," tandasnya.***