SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi perintahkan atau meminta sekda (sekretaris daerah) menghibahkan lahan untuk kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepulauan Meranti.

Ungkapan itu disampaikan Bupati Irwan saat menghadiri pelantikan pengurus PWI Kepulauan Meranti periode 2020-2023, bertempat di Sekretariat PWI Kepulauan Meranti, Jalan Durian, Selatpanjang, Selasa (3/11/2020) malam.

Kata Irwan pula, terkait dengan harapan-harapan yang disampaikan tentang masalah markas PWI Kepulauan Meranti, Irwan mengakui telah dibicarakan sebelumnya.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada jajaran PWI Kepulauan Meranti yang beberapa hari yang lalu bersilaturahmi ke kediaman kami dari jam 9 malam sampai jam 12 tengah malam, luarbiasa. Itu telah kita diskusikan, InsyaAllah nanti pak sekda kita tindaklanjuti menyangkut dengan aset, tanah dan bangunan ini," ungkapnya.

Dijelaskan Irwan, tanahnya memang aset daerah Kabupaten Kepulauan Meranti. Sementara gedung tersebut adalah gedung yang dibangun oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau pada tahun 2013 yang saat itu peruntukannya untuk gedung pemuda.

"Namun sampai hari ini status gedung ini belum jelas, karena kalau dikatakan milik pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti aset ini belum diserahkan secara formal, kemudian kalau dikatakan masih milik pemprov Riau pengelolaan sepenuhnya sudah diserahkan kepada pemerintah Kepulauan Meranti. Jadi untuk mengeksekusi harapan-harapan tadi saya harapkan mungkin untuk aset tanah bisa segera kita proses, namun gedung kami mungkin mengharapkan bantuan dari PWI Provinsi Riau barangkali bisa mendiskusikan untuk dapat menghibahkan langsung dari provinsi ke PWI Kepulauan Meranti," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua PWI Kepulauan Meranti mengungkapkan bahwa sebenarnya ada dua hal yang menjadi arah kebijakan jangka panjang PWI Kepulauan Meranti tahun 2020-2023 untuk menuju kejayaan dan kesejahteraan.

Selain koperasi, pihaknya juga telah bercita-cita memiliki tanah dan kantor sendiri seperti PWI lainnya di beberapa daerah di provinsi Riau. Karena ia yakin dengan memiliki sebuah kantor yang refsentatif membuat pihaknya akan semakin bersemangat pula mendukung Pemkab Meranti dalam membangun daerah ini.

"Karena tahun ini adalah periode terakhir kepemimpinan pak bupati kita Drs H Irwan MSi, maka kami pikir tidak ada salahnya melalui kesempatan ini kami meminta agar tanah dan kantor yang kami tempati ini menjadi cinderamata dari pak bupati kepada PWI. Apalagi saat ini statusnya masih dalam proses pengajuan oleh bidang aset kepada pemprov Riau," harapnya.***