JAKARTA - Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, kompak akan kunjungi Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada bulan ini.

Jokowi akan kunjungi Lombok Jumat besok, 22 Maret 2019. Sementara jadwal Prabowo akan menyusul pada 26 Maret 2019.

Keduanya akan datang untuk melakukan kampanye. Jokowi besok dijadwalkan akan menggelar kampanye nasional di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram. Selain itu, kedatangan Jokowi di Lombok untuk memantau pencairan dana korban gempa dan memantau pembangunan rumah tahan gempa di Mataram dan Lombok Barat.

Aparat gabungan TNI-Polri pagi tadi telah melakukan apel gelar pasukan untuk pengaman VVIP kedatangan Jokowi. Apel dipimpin Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani selaku Dansatgas Pam VVIP.

"Jadikan apel gelar ini, sebagai sarana koordinasi antar unsur pengamanan terutama untuk menjamin kelancaran pelaksanaan tugas, serta untuk menghindari terjadinya kesalahan sekecil apa pun dalam pelaksanaan di lapangan," kata Danrem Ahmad Rizal Ramdani.

Sementara Prabowo dijadwalkan akan menggelar kampanye di Lapangan Karang Pule, Kecamatan Sekarbela Kota Mataram.

Sore tadi, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra NTB merapatkan barisan dengan menggelar pertemuan koordinasi dengan seluruh elemen DPC Partai Gerindra se-kabupaten dan kota, anggota Fraksi Partai Gerindra, termasuk sejumlah kekuatan relawan Prabowo-Sandi.

"Rapat koordinasi ini menjadi bagian dari pegangan dan pedoman bagi semua personel yang akan terlibat untuk menyambut kehadiran bapak Presiden (Prabowo) kita," kata Ketua DPD Partai Gerindra NTB, Ridwan Hidayat, menyemangati relawan lainnya.

Sempat terjadi dinamika terkait rencana kedatangan Jokowi di Lombok. Organisasi mahasiswa seperti HMI, HMI-MPO dan IMM menolak kedatangan Jokowi dengan alasan korban gempa Lombok belum semuanya dapat mencairkan bantuan dan memiliki rumah. Sementara organisasi mahasiswa PMII tegas mendukung kedatangan Jokowi.***