SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi yang diwakili Asisten III Setdakab Meranti, H Rosdaner membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Kecamatan Rangsang Pesisir, bertempat di halaman Kantor Camat, Desa Telesung, Rabu (21/1/2021) malam.

Dalam kegiatan itu ia berharap melalui STQ ini dapat terseleksi para qori dan qoriah terbaik kecamatan untuk dipersiapkan pada ajang MTQ Kabupaten dan provinsi yang akan datang.

Turut hadir dalam kegiatan perlombaan seni baca dan hafal Al-Quran tersebut, Anggota DPRD Kepulauan Meranti, M Amin, Kepala BPBD, Idris Sudin, Kabag Humas dan Protokol, Rudi MH, Camat Rangsang Pesisir, H Arifuddin, Kabid Perda Satpol PP Meranti, Piskot Ginting, para kades, serta pihak terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Asisten III Setdakab Meranti, H Rosdaner, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak kecamatan, LPTQ kecamatan, dan panitia pelaksana atas terselenggaranya STQ Kecamatan Rangsang Pesisir.

"Mengingat pelaksanaan kegiatan ini menjadi beban berat akibat berbagai keterbatasan sebagai dampak dari wabah Covid-19 mulai dampak anggaran sampai dampak sosial dimana orang dibatasi oleh protokol kesehatan," ujarnya.

Tak lupa ucapan terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak yang turut mensukseskan STQ ini mulai dari panitia pelaksana, dewan hakim, masyarakat desa se-Kecamatan Rangsang sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan, seraya berharap kegiatan ini terlaksana dengan lancar sesuai harapan. 

Lebih jauh disampaikan Rosdaner, kegiatan STQ kecamatan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersirat dan tersurat dalam Al-Quran. Namun tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Namun begitu ia berharap tidak mengurangi hakekat dan tujuan pelaksanaan acara STQ Kecamatan itu, dan agar tidak terjadi penyebaran virus Covid-19 Rosdaner meminta kepada penyelenggara untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Kami ingatkan kepada semua warga masyarakat Kecamatan Rangsang Pesisir, dan lebih khusus lagi kepada panitia penyelenggara untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat sehingga pelaksanaan MTQ ini akan mampu menekan laju pandemi Covid-19 dan tujuan dari pelaksanaan acara ini dapat tercapai," ucapnya.

Dan yang paling penting dari pelaksanaan kegiatan itu menurut Rosdaner adalah agar generasi muda para qari dan qariah dapat mengimplementasikan ajaran Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. 

"Mudah-mudahan dengan terus menggaungkan asma Allah negeri kita diberikan rahmat sehingga pandemi ini bisa segera diangkat dari daerah kita dan dari muka bumi ini," harap Rosdaner.

Selanjutnya melalui penyelenggaraan STQ ini H Rosdaner mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa berikhtiar agar Al Quran diakrabi, dipelajari, dipahami dan diamalkan. Juga agar tumbuh minat yang tinggi untuk mendalami Al Quran sebagai pedoman hidup.

"Karena kegiatan STQ tidak semata-mata untuk berlatih dan bertanding membaca Al-quran saja tetapi substansinya adalah bagaimana kita mencintai dan menjaga kesucian Al-quran diikuti dengan pengamalan nilai-nilai yang terkandung didalamya," ucapnya lagi.

Kemudian ia berharap, STQ kecamatan tahun ini hendaknya dapat menjadi kesempatan terbaik untuk melakukan kaderisasikan tunas-tunas baru  melahirkan generasi qori-qoriah, hafidz-hafidzah, mufasir-mufasiroh yang handal untuk menggantikan para yang senior. Dan terkahir kepada dewan juri dan majelis hakim, ia harapkan agar dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan sebaik-baiknya, senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan keadilan. 

Sekedar informasi dari informasi yang disampaikan oleh Sekcam Rangsang Pesisir, Masnawi jumlah peserta yang mengikuti STQ Tingkat Kecamatan Rangsang Pesisir yakni, cabang tartil quran 10 orang ( putra 4 putri 6), tilawah anak-anak 12 orang ( putra 6 putri 6), tilawah remaja 14 orang (putra 7 putri 7), dan tilawah dewasa 9 orang (putra 4 putri 5) 

Jumlah peserta kafilah STQ 45 peserta yang di ikuti 9 Desa, yang akan bertanding dari tanggal 20 sampai 22 Januari 2021.(rls)