PEKANBARU - Kawanan maling sukses membawa kabur uang senilai Rp70 juta dari dalam brankas milik tempat usaha Ace Hardware, komplek Ramayana, Panam, Pekanbaru, Provinsi Riau, Kamis (17/12/2015). Pencurian itu baru disadari saat pegawai hendak membuka usaha.

Tidak hanya membobol isi brankas, kawanan maling ini juga melenyapkan alias membawa kabur alat perekam CCTv, berikut dengan kameranya. Kuat dugaan, hal itu sengaja dilakukan pelaku, untuk menghilangkan jejaknya. "Kita dapat laporan Kamis pagi tadi," sebut Kapolsek Tampan, AKP Ary Wibowo.

Menurut keterangan saksi (pegawai Ace Hardware,red) bernama Mairida, pagi itu dirinya merasa curiga lantaran melihat sekelebat cahaya di ruangan kasir. Sebab itu, Mairida langsung memanggil sekuriti bernama Purwanto, untuk mengecek ke dalam (ruangan,red).

Setelah di dalam, kedua orang tersebut dikagetkan karena ruangan sudah dalam keadaan acak-acakan. Bahkan brankas yang ada di dalam juga sudah rusak dan terbuka. Sadar dengan kondisi itu, Purwanto langsung menyisir seluruh ruangan, namun tidak menemukan pelaku.

Bahkan saat Purwanto hendak memeriksa hasil rekaman CCTv, alat perekam itu juga sudah raib, lengkap dengan kotak rekamannya. "Menurut pengelola, kerugian sekitar Rp70 juta. Kita sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan meminta keterangan saksi," sambung dia.

Menurut informasi, aksi pembobolan brankas itu diduga terdapat beberapa keganjilan, pasalnya para pelaku sangat hafal dengan posisi ruangan, termasuk tempat CCTv. "Memang pintunya dirusak, tapi pelaku hafal sisi ruangan. Dugaan awal, pelakunya orang yang mengenal lokasi," jawabnya kepada GoRiau.com. ***