PEKANBARU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mengeluarkan peringatan dini waspada hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang disebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Rokan Hulu (Rohul), dan Kampar, pada Senin (13/4/2020).

"Waspada hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Rohil, Rohul, dan Kampar terutama pada malam dan dini hari," kata Forecaster BMKG Pekanbaru, Sanya Gautami di Pekanbaru, Senin pagi.

Ia menjelaskan, bahwa cuaca di sebagian besar wilayahnya Riau hari ini pada dasarnya cerah berawan sepanjang hari, namun masih ada potensi hujan.

Yang mana, cuaca pada Senin paginya di kawasan Riau diperkirakan cerah berawan-berawan. Lalu pada siang hari, wilayah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Kampar, Rohul, dan Kota Dumai diprediksi cerah berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang yang dapat disertai petir.

Sedangkan, sore hingga malam hari, diprediksi berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang hampir disebagian besar wilayah Riau.

"Terutama wilayah Riau bagian Barat dan Utara seperti Kampar, Rohul, Rohil, Bengkalis, dan Kota Dumai," kata Sanya.

Kemudian, pada dini harinya sebagian wilayah Inhil, Rohul, Kampar, dan Rohil diprediksi cerah berawan-berawan dengan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

"Sedangkan prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 hingga 1.25 meter," ujarnya. ***