PEKANBARU - Setelah ditunggu-tunggu, kabarnya Plt Gubernur Riau akan melantik juga Kaharudin sebagai Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Riau definitif. Proses menentukan pejabat Sekwan ini terbilang lama, hampir satu tahun.

Informasi terkait pelantikan ini didapat dari beberapa sumber diantaranya anggota DPRD Riau dan pejabat satuan kerja. Berdasarkan undangan yang disampaikan Plt Gubri, Kahar akan dilantik di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau di Jalan Diponegoro Pekanbaru, Kamis (10/3/2016) sekitar pukul 08.00 WIB.

Kaharudin merupakan Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Riau, merupakan salah satu dari tiga nama yang diusulkan Plt Gubri ke dewan untuk tetapkan sebagai Sekwan definitif.

Sebelumnya, pasca pengunduran diri Zulkarnain Kadir, posisi Sekwan DPRD Riau sudah tiga kali dijabat oleh pelaksana tugas diantaranya H. Syamsurizal, Ahmadsyah Harofie dan terakhir Khuzairi yang merangkap jabatan sebagai Kabag Umum Setwan.

Pada proses assessment pejabat tinggi pratama lalu, satu nama dikirim tim Pansel lulus untuk posisi tersebut. Entah mengapa, nama ini justru tak disetujui, sehingga dilakukan assessment ulang dan mendapatkan tiga nama, diantaranya Kaharudin, Nuraini dan Surtano.***