JAKARTA -- Saat ini Austin Russell baru berusia 26 tahun, namun menurut Majalah Forbes, kekayaannya sudah mencapai kisaran USD 1,8 miliar atau setara Rp25 triliun.

Pria muda asal Amerika Serikat ini dijuluki Elon Musk 2.0 karena kepintarannya di bidang teknologi. Namanya dikenal setelah Elon Musk menyebut teknologi lidar (light detection and ranging) 'mahal dan tidak perlu' tetapi Russell meyakini sebaliknya. Ia bahkan memiliki kesepakatan dengan Volvo, Toyota dan Intel untuk membuktikannya.

Berikut sejumlah fakta tentang Russel, seperti dikutip dari detikcom yang melansir South China Morning Post:

1. Dropout dari Standford University

Pada usia 17, Russell sedang belajar fisika di Stanford University ketika ia mengembangkan ide tentang teknologi sensor otomotif yang kemudian menjadi terobosan utama Luminar Technologies.

Namun, dia tidak kuliah lama. Ia keluar pada 2012 setelah menerima beasiswa senilai USD 100 ribu dari investor teknologi miliarder dan salah satu pendiri PayPal Peter Thiel.

2. Temukan inovasi self-driving car

Luminar adalah perusahaan rintisan yang mengembangkan teknologi hardware dan perangkat lunak lidar (pendeteksian cahaya dan jangkauan) otomotif yang menggunakan laser untuk mendeteksi dan mengukur jarak.

Teknologi ini pada akhirnya dapat membuat peta 3D dari lingkungan dunia nyata yang dapat digunakan dalam mengemudi.

Sensor lidar Luminar sekarang digunakan oleh pelanggan otomotif utama seperti Volvo, Toyota dan Intel Mobileye.

Baru-baru ini, Luminar dipilih untuk digunakan dalam Drive Hyperion Autonomous Vehicle Reference Platform Nvidia yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat lunak final pada tahun 2024.

3. Jadi miliarder

Russell mendirikan Luminar pada 2012, namun butuh beberapa tahun untuk mencapai status miliarder. Russell mengatakan kepada CNBC bahwa ia mendirikan perusahaan untuk menjadi bisnis berkelanjutan jangka panjang dan memberi kekuatan pada masa depan otonomi produsen mobil. Ia menambahkan, kesuksesannya baru-baru ini terasa 'tidak nyata'.

Russell menjadi miliarder mandiri termuda di dunia pada usia 25 tahun - sebuah gelar yang pernah diklaim, kemudian dilucuti dari Kylie Jenner.

Menurut The Wall Street Journal, saham Luminar meningkat hampir 28% pada debutnya dan memberi perusahaan nilai pasar sekitar USD 7,8 miliar.

4. Beli Mansion

Sebagai CEO yang sedang naik daun, wajar jika ia mampu membeli barang mahal termasuk mansion. Menurut Dirt, miliarder muda itu baru-baru ini membeli sebuah rumah mewah senilai USD 83 juta di Pacific Palisades, Los Angeles, yang luasnya lebih dari 20.000 kaki persegi, dengan enam kamar tidur dan 18 kamar mandi.

Tidak hanya itu, mansion LA ini juga dilengkapi akses pemindai retina ke kamar tidur, bioskop luar ruang 20 kursi, dan galeri mobil. Ditambah lagi, Tom Hanks dan Rita Wilson adalah tetangganya.***