TEMBILAHAN -Kasus positif virus corona (Covid-19) bertambah 11 orang pada pada Selasa (20/4) pukul 17.00 WB. Dengan demikian total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau berjumlah 1.049 orang.

Rincian konfirmasi positif baru antara lain, yaitu, 9 orang domisili Kecamatan Tembilahan dan 2 orang domisili Kecamatan Tembilahan Hulu.

Jumlah perbandingan (ratio positif) per tanggal 20 April 2021 sebanyak 23.85 persen adalah jumlah komulatif yang di lakukan pengambilan sampel berjumlah sebanyak 4377 orang, dengan hasil pemeriksaan positif sebanyak 1044 orang.

Dua kasus konfirmasi positif dilakukan pemeriksaan di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru dan 3 kasus konfirmasi positif dilakukan pemeriksaan di luar wilayah.

Juru Bicara Bidang Kesehatan Tim Medis Gugus Tugas Covid-19, dr Saut Pakpahan mengatakan, penambahan kasus positif ini membuat jumlah pasien konfirmasi positif yang dirawat total sebanyak 22 orang dengan rincian, 2 orang dirawat di RSUD Puri Husada Tembilahan, 1 orang di RS Tengku Sulung Pualu Kijang dan 19 orang isolasi mandiri.

“Semua pasien positif baru ini dalam kondisi klinis yang cukup baik, karena tergolong Orang Tanpa Gejala (OTG). Jumlah Total Komulatif positif sebanyak 1049 orang,” jelas dr Saut, Rabu (21/4/2021).

Tidak hanya penambahan kasus positif baru, 1 orang pasien positif domisili Kecamatan Tembilahan juga dikonfirmasi meninggal dunia pada Senin (19/4/2021) pukul 14.15 Wib.

Selain itu, dr Saut menambahkan, tim medis juga mengkonfirmasi sebanyak 10 orang pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang, dengan rincian 8 orang domisili Kecamatan Tembilahan, 1 orang domisili Kecamatan Tembilahan Hulu dan 1 orang domisili Kecamatan Concong.

“Jumlah total komulatif pasien positif yang sehat dan pulang sebanyak 975 orang dan jumlah komulatif meninggal 52 orang,” jelas Direktur RSUD Puri Husada ini.

Sementara itu, jumlah suspek yang di isolasi di Rumah Sakit (RS) terdapat penambahan 3 orang, rincian, antara lain, 1 orang domisili Kecamatan Tembilahan, 1 orang domisili Kecamatan Tembilahan Hulu dan 1 orang domisili Kecamatan Kateman.

Penambahan ini membuat jumlah Suspek yang masih menjalani isolasi sebanyak 196 orang dengan jumlah komulatif suspek sebanyak 7194 orang, jumlah komulatif suspek selesai isolasi 6974 orang dan jumlah komulatif suspek meninggal 24 orang.

“Terdapat 1 orang pasien suspek yang pulang sembuh domisili Kecamatan Pelangiran, sehingga suspek yang di rawat sebanyak 4 orang di RSUD PH Tembilahan dan 192 orang isolasi mandiri,” tambah Saut.

Untuk ruang perawatan Covid-19, menurut dr Saut, jumlah tempat tidur pada rumah sakit perawatan Covid-19 di Inhil masih sangat cukup, antara lain, RSUD PH Tembilahan sebanyak 129 tempat tidur, RSUD Raja Musa sebanyak 9 tempat tidur dan RSUD Tengku Sulung sebanyak 7 tempat tidur.

Terakhir Saut mengingatkan masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan meskipun sebagian pihak telah mendapat vaksinasi.

“Ayo taat protokol kesehatan, Pakai Masker, Jaga Jarak dan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan air yang mengalir serta jaga stamina. Covid-19 belum berakhir dan masih ada, mari menjaga diri sendiri dan lingkungan kita,” pungkasnya.***