PEKANBARU -- Prosesi pensyahadatan kembali terjadi di Masjid Agung Ar Rahman, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Riau, Jumat (7/5/2021). Kali ini yang bersyahadat adalah Putri Lasmaida Situmorang.

Gadis remaja yang merupakan warga Kecamatan Tampan, Pekanbaru ini, mengaku memutuskan memeluk Islam karena kesadaran sendiri.

Prosesi peng-Islaman Putri dilaksanakan usai shalat Jumat, dipandu Ketua Umum (Ketum) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau, Prof Dr H Ilyas Husti.

Pantauan Goriau.com, ratusan jamaah shalat Jumat bertahan dalam masjid untuk menyaksikan Putri mengikrarkan ke-Islamannya, mengucapkan dua kalimat syahadat.

''Asyhadu an laa ilaaha Illallah, waasyhaduanna Muhammadar Rasulullah. Aku bersaksi tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah,'' ucap Putri mengikuti ucapan Ilyas Husti.

''Alhamdulillah,'' ucap Ilyas Husti dan ratusan jamaah yang hadir.

Setelah bersyahadat, gadis yang masih berstatus pelajar tersebut memilih nama Islam, Putri Annisya Humaira.

Dalam tausyiahnya, Ilyas Husti menjelaskan, annisya artinya perempuan, sedangkan humaira berarti yang kemerah-merahan.

''Humaira itu merupakan panggilan Rasulullah kepada istrinya, Aisyah. Mudah-mudahan, Putri Annisya Humairah juga shalehah dan cerdas seperti Aisyah. Aaminn,'' ujar Ilyas Husti.

Ilyas Husti juga mengingatkan, setelah bersyahadat, maka Annisya sudah harus menjalankan kewajibannya sebagai Muslimah, seperti menunaikan shalat dan melaksanakan puasa Ramadhan.

''Kemudian harus bersungguh-sungguh belajar Islam. Nanti Annisya akan diikutkan dalam program pembinaan para mualaf agar pengetahuannya tentang Islam lebih baik lagi,'' sambungnya.***