PEKANBARU – Air kelapa menjadi salah satu minuman favorit umat muslim di tanah air ketika di bulan Ramadhan, hal ini dikarenakan ketika berbuka dengan air kelapa rasa haus akan hilang seketika.

Namun tak hanya itu saja, air kelapa juga banyak manfaatnya untuk tubuh karena air kelapa mengandung kalori, karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

GoRiau Pedagang air kelapa di Jalan B
Pedagang air kelapa di Jalan Bukit Barisan, Kota Pekanbaru. (foto: herianto wibowo)

Air kelapa juga mengandung elektrolit alami seperti kalium, natrium, dan mangan, yang dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi.

Karena manfaat dan kesegarannya yang luar biasa bagi tubuh, pedagang air kelapa di bulan Ramadhan juga ikut kejatuhan rezeki.

Ani, salah seorang pedagang air kelapa yang ada di Jalan Bukit Barisan, Kota Pekanbaru mengakui semenjak bulan Ramadhan penjualan kelapanya meningkat tajam.

"Alhamdulillah naik penjualan, sehari bisa hampir 100 buah," katanya, Ahad (10/4/2022).

Kebanyakan para pembeli membeli kelapa Ani yang langsung berasal dari buahnya, bukan air kelapa yang sudah dimasukkan kewadah khusus. Dibantu dengan suaminya, Ani baru akan membuka kelapaketika ada pembeli.

"Rata-rata yang beli minta kelapa bulatan, jarang pembeli yang dari wadah ini," katanya.

Jika dibandingkan dengan hari-hari atau diluar bulan Ramadhan, biasanya Ani hanya bisa menjual belasan butir kelapa disetiap harinya dan cenderung lebih banyak pembeli yang meminta dari wadah.

"Kalau hari biasa itu cuma belasan kelapa, terus banyak yang beli Rp5ribu," terangnya.

Saat ini Ani mengakui ada kenaikan harga untuk buah kelapa, yang awalnya dia menjual Rp12ribu perbutir saat ini harga jual mencapai Rp14 ribu.

*Bukan sengaja dinaikan karena momen, tapi memang modalnya naik. Katanya karena solar susah," tutupnya. ***