SIAK SRI INDRAPURA - Ternyata banyak cara dan upaya yang dilakukan masing-masing Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres di Riau ini untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kepada pemudik khususnya pada angkutan bus. Seperti yang dilakukan Satlantas Polres Siak pada operasi Ramadniya 2017.

Saat musim mudik lebaran kemarin, ternyata Polantas Polres Siak tetap berjaga siang dan malam secara bergantian untuk memberikan kenyamanan kepada para supir bus yang melintas Jalan lintas Sumatera bagian timur atau tepatnya antara Pekanbaru hingga Kandis perbatasan dengan Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis.

Menurut informasi yang diperoleh GoRiau.com, para supir bus yang membawa banyak pemudik ini ditemani oleh Polantas mulai dari Minas hingga ke Jembatan Sam-sam Kandis, khususnya yang melintas pada malam hari. Polantas yang menemani supir bus itu duduk disamping supir dan bercerita ringan untuk menghilangkan rasa kantuk si supir.

Hal itupun tak di bantah oleh Kasat Lantas Polres Siak, AKP Anindhita Rizal SIK saat ditemui GoRiau.com di ruang kerjanya, Senin (3/7/2017) siang usai mengikuti kegiatan Anjangsana di Polsek Siak.

"Kita paham bagaimana lelah dan ngantuknya para supir-supir bus yang melintas pada malam hari. Di saat semua orang termasuk penumpangnya tidur pulas, dia masih terjaga untuk menyetir bus dan mengantarkan penumpangnya sampai ke tujuan dengan selamat," kata Kasat Lantas.

"Untuk itu, anggota yang ada di Pos Pengamanan Lebaran di Jalinsum bagian Utara ini selalu siaga. Begitu ada bus yang melintas akan diberikan diberhentikan dan diberikan sosialisasi akan pentingnya tertib berlalu lintas. Tidak sampai di situ saja, Polantas juga akan menemani si supir hingga ke perbatasan Siak," ucap AKP Anindhita lagi.

Hal itu ternyata efektif untuk menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas selama operasi Ramadniya di wilayah Polres Siak ini khususnya yang kerap terjadi di daerah rawan laka seperti Minas dan Kandis tersebut.

Ditambahlagi, selain mobil patroli samaran, Satlantas Polres Siak juga sudah membuat Polantas samaran di sejumlah titik rawan kecelakaan. Hal ini juga dilakukan untuk memberikan efek kejut kepada pengendara yang ugal-ugalan agar sadar dengan pentingnya mengutamakan selamatan jiwa.

"Operasi Ramadniya di Polres Siak sendiri berjalan lancar dan aman. Tidak ada kecelakaan yang sangat fatal dengan inovasi-inovasi yang sudah kita lakukan di lapangan. Selanjutnya, mulai arus mudik hingga arus balik juga masih aman dan lancar. Khusus di dalam Kota Siak sendiri itu juga cukup padat saat H+2 lebaran. Banyak wisatawan yang datang ke Istana Siak, sampai Kamis (29/6/2017) lalu," beber Kasat. ***