DUMAI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Dumai menerima banyak laporan dari petugas dan masyarakat terkait adanya kekurangan surat suara pada Pemilihan Umum Serentak 2019.

Ketua Bawaslu Kota Dumai, Zulfan, mengatakan pihaknya banyak menerima laporan terkait adanya kekurangan kertas suara di beberapa Tempat Pemungutan Suara.

"Memang ada laporan yang kita terima terkait kekurangan surat suara, namun sampai saat ini belum kita rekap berapa jumlah kekurangan kertas suara," kata Zulfan melalui sambungan seluler kepada GoRiau.com, Rabu (17/4/2019).

Atas laporan yang diterima pihaknya, Bawaslu sendiri meminta kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Dumai untuk memfasilitasi kekurangan kertas suara tersebut.

Ads
"Kita minta KPUD segera fasilitasi kekurangan kertas suara agar masyarakat bisa menyalurkan hak pilihnya, karena banyak laporan diterima," katanya.

Disebutkan, sesuai laporan diterima, kekurangan surat suara mulai dari kertas suara legislatif dan presiden ini terjadi di banyak TPS, namun ada beberapa tempat, dan bahkan ada satu tempat mengalami kekurangan mencapai 194 surat suara.

Bawaslu mengaku sudah meminta KPU Dumai untuk bekerja lebih maksimal dalam pendistribusian kertas suara dan logistik Pemilu lain, dan berharap kendala di lapangan dapat segera ditangani.

"Kita juga sudah berkoordinasi ke kpu secara lisan agar persoalan kertas suara kurang ini secepatnya ditangani," sebutnya.

Hingga berita ini diturunkan, Ketua KPUD Kota Dumai, Darwis belum bisa dikonfirmasi terkait kekurangan kertas suara di sejumlah TPS di kota Dumai. ***