BANJARMASIN - Barito Putera kembali melakoni laga tandang pada laga pekan kesembilan Kompetisi Sepakbola Liga 1 2019. Pelatih Yunan Helmi kali ini kembali memboyong 20 pemain untuk menghadapi Borneo FC di Stadion Segiri Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (18/7/2019).

Dalam daftar tersebut tak tercantum nama kiper asal Korea Selatan, Yoo Jae-hoon. Mantan penjaga gawang Persipura Jayapura dan Mitra Kukar itu absen sejak Barito Putera menjalani tiga tur tandang dan sekali tandang lalu.

"20 pemain ini yang saya nilai paling siap, baik dari sisi fisik maupun teknik, untuk partai melawan Borneo FC. Soal Jae-hoon, pada saatnya nanti pasti saya mainkan lagi sesuai kebutuhan tim," kata Yunan Helmi.

Legenda hidup Laskar Antasari ini menyatakan duel melawan Pesut Etam merupakan ujian konsistensi bagi Aditya Harlan dkk. setelah mereka tampil apik pada empat pertandingan sebelumnya.

"Kondisi mental pemain terus meningkat. Tugas kami berikutnya bagaimana menjaga tren ini terus stabil," ujarnya.

Mantan Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 ini mengaku berat menjaga penampilan yang sedang tinggi tersebut. "Kendalanya pada recovery, karena jadwal pertandingan sangat padat. Makanya, saya bawa 20 pemain untuk antisipasi bila tiba-tiba ada yang sakit. Kami hanya punya waktu efektif sehari untuk pemulihan kebugaran sebelum bertolak ke Samarinda ini," jelasnya.

Kendati begitu, perihal kendala ini tak boleh dijadikan alasan Barito Putera untuk tidak tampil maksimal pada laga nanti.

"Saya kira tim lain juga mengalami masalah kebugaran. Makanya, saya harus jeli dan bijak menyikapi hal ini. Kami tetap membidik hasil maksimal pada pertandingan nanti," kata Yunan Helmi. ***