BENGKALIS-Forum Konsultasi Publik Kabupaten Bengkalis tahun 2020 diharapkan mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi wilayah dan menjawab seluruh permasalahan dan kebutuhan yang mendesak tahun 2021.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Pelaksana Tugas Bupati Bengkalis H Muhammad yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Yuhelmi pada acara Forum Konsultasi Publik Kabupaten Bengkalis di aula pertemuan Politeknik Negeri Bengkalis,Rabu (26/2/2020).

Forum Konsultasi Publik tahun 2020 di taja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkalis.

Yuhelmi mengajak kepada seluruh instansi terkait untuk melaksanakan program atau kegiatan strategis yang dapat memberdayakan partisipasi masyarakat dan penanggulangan kemiskinan.

“Bidang strategis seperti pertanian, pendidikan dan kesehatan untuk memperkua pembangunan infrastruktur pedesaan dan perkotaan perlu mendapatkan prioritas yang mengedepankan pemerataan dan pertumbuhan,” kata Yuhelmi.

Yuhelmi menambahkan sesuai dengan tema Rencana Jangka Pembangunan Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021 “Pemantapan pembangunan yang berkualitas dan berdaya saing,” dengan beberapa prioritas.

Prioritas pertama, pemantapan infrastruktur pendukung empat gerbang, kedua pemantapan pembangunan Sumber Daya Manusia dan ketenagakerjaan.

Kemudian, pemantapan kemampuan sektor-sektor perekonomian masyarakat berbasis padat karya dan teknologi tepat guna, serta pemantapan ketahanan dan kemandirian masyarakat pedesaan.

Selanjutnya Yuhelmi juga menambahkan penetapan tema dan prioritas pembangunan dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) menjadi fokus pembangunan Pemkab Bengkalis 2021 mendatang.

“Hal ini selaras dengan kebijakan pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Riau untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dengan peningkatan SDM yang unggul serta menggali potensi ekonomi yang baru serta mengurangi impor pangan,” papar Yuhelmi.

Tampak hadir dalam acara, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Surya Suhersi, Sekretaris Dinas Kesehatan Imam Subchi, Sekretaris Dinas PMD Kabid Sosbud Bappeda Juminanin Hartatik.

Kemudian Camat Bantan Sufandi Sekcam Bengkalis Rafli Kurniawan, serta perwakilan masing-masing perangkat daerah di lingkungan Pemkab Bengkalis.***