PEKANBARU - Bnyak pengendara tidak menerapkan protokol kesehatan Covid-19 saat melintas pada 6 posko check point Covid-19 di perbatasan Riau dengan daerah lain.

Hal itu diungkapkan Kasi Tibum Tranmas Satpol PP Provinsi Riau Ekadinata. Dijelaskan Ekadinata, banyak pengendara tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak.

''Meskipun tidak ada sanksi, tetapi kita tetap berhentikan pengendara yang tidak pakai masker atau tidak menjaga jarak. Lalu petugas di posko check point memberikan imbauan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan,'' ujar Ekadinata, Jumat (12/6/2020), di Gedung Daerah, Pekanbaru.

Petugas, lanjut Ekadinata, tidak hanya melakukan pengecekan kendaraan pribadi, tapi juga memeriksa angkutan umum, seperti travel dan bus, untuk memastikan penerapan protokol kesehatan.

''Bagi yang tidak menggunakan masker untuk dapat membeli masker kain yang dijajakan warga tempatan,'' ucap Ekadinata.

Meski sudah memasuki new normal (tatanan normal baru), lanjut Ekadinata, Satpol PP Riau bersama dengan TNI, Polri dan Dinas Perhubungan tetap melakukan pengecekan kendaraan di posko check point Covid-19 di enam titik perbatasan Riau.

''Enam posko ini berada di XIII Koto, Kampar (batas Riau-Sumatera Barat), Kuantan Mudik, Kuantan Singingi (batas Riau-Sumatera Barat), Bagan Sinembah, Rokan Hilir (batas Riau-Sumatera Utara), Rokan IV Koto, Rokan Hulu (batas Riau-Sumatera Barat), Tambusai Barat, Rokan Hulu (batas Riau-Sumatera Utara) dan Slensen, Indragiri Hilir (batas Riau-Jambi),'' jelasnya. 

Pada setiap posko, Satpol PP Riau menempatkan masing-masing 4 personel. ''Sudah enam hari ini mereka bertugas di perbatasan tersebut. Kita terus mengimbau warga untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19,'' pungkas Ekadinata.***