TELUKKUANTAN - Kasus Covid-19 di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mengalami lonjakan yang tinggi dalam sebulan terakhir. Umumnya, kasus baru merupakan hasil tracing kontak erat. Selain itu, ada juga pasien suspek yang dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan pemeriksaan swab.

Seperti pada Senin, 17 Mei 2021, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuansing mengkonfirmasi adanya tambahan 12 kasus baru. Dari jumlah tersebut, hanya tiga yang berasal dari kontak erat, selebihnya merupakan pasien suspek.

"Ada penambahan 12 kasus baru, tiga merupakan hasil tracing kontak erat. Sedangkan 9 lainnya merupakan suspek yang kini sudah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing," ujar Agusmandar, Selasa (18/5/2021) di Telukkuantan.

Di sisi lain, Agusmandar menyatakan adanya penambahan pasien sembuh, yakni sebanyak 72 orang. Mereka dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Hingga kini, total kumulasi kasus Covid-19 di Kuansing sudah mencapai 1.545 kasus. Rinciannya, 250 orang jalani isolasi mandiri karena positif tanpa gejala dan 21 orang positif dengan gejala. Pasien yang positif dengan gejala saat ini sedang mendapat perawatan intensif di RSUD Telukkuantan. Kemudian, jumlah pasien dinyatakan sembuh sebanyak 1.234 orang dan 40 orang meninggal dunia.

Dengan semakin meningkatnya kasus Covid-19 di Kuansing, Agusmandar meminta masyarakat untuk benar-benar menerapkan protokol kesehatan. Yakni, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan rutin mencuci tangan di air mengalir.

"Mudah-mudahan, jika kita semua menerapkan protokol kesehatan, kita semua terhindar dari Covid-19. Kemudian, hal itu juga membantu pemerintah dalam menekan lajunya lonjakan kasus Covid-19 di Kuansing ini," tutup Agusmandar.***