SELATPANJANG - Relawan Donor Darah Meranti (RD2M) adakan silahturahmi bersama Direktur RSUD Kepulauan Meranti, dr Hj Riasari bersama staf dan pegawai RSUD.

"Kunjungan Relawan Donor Darah Meranti (RD2M) kami sambut baik, dan kami ucapkan terimakasih atas kerjasama selama ini, dalam membantu koordinasi dan komunikasi tentang pendonor darah bagi pasien yang membutuhkan darah," kata Direktur RSUD Meranti, dr Riasari saat menyambut rekan-rekan relawan di ruang rapat RSUD, Rabu (8/7/2020).

Ia mengatakan, intinya saling berkoordinasi dengan baik dan mengkomunikasikan tentang kebutuhan darah di RSUD Kepulauan Meranti.

"Secara teknis kita memang ada stok darah, namun karena kita juga ada keterbatasan darah, untuk sipatnya kebutuhan mendadak, misalnya ada kekurangan darah penyakit tertentu," ujarnya.

Menurut Riasari, memang perlu optimal dalam kebutuhan darah di RSUD, maka peran semua pihak sungguh sangat perlu, terutama Relawan Donor Darah Meranti, pihak RSUD Meranti sangat berterima kasih sekali kepada RD2M dalam membantu pendonoran darah untuk masyarakat.

Ia menambahkan, memang dalam pendonoran darah ada ketentuan tertentu, sebelum darah di ambil misalnya usia 17-60 tahun (usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orang tua), Berat badan minimal 45 kg, temperatur tubuh 36,6 - 37,5 derajat celcius, tekanan darah baik, bagi yang ingin donor langsung datang di labor RSUD Kepulauan Meranti.

"Kami pihak RSUD Meranti apresiasi lah dengan adanya Relawan Donor Darah Meranti ini, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua RD2M Kepulauan Meranti, Wan Suhendra menyampaikan bahwa pihaknya bergerak sipatnya sukarela, namun butuh dukungan semua pihak yang paling utama yakni RSUD Meranti, karena setiap kalinya mendonor darah pasti ke Labor RSUD Meranti.

"Kami berterima kasih kepada Direktur RSUD Meranti yang telah menyambut baik, gerakan kami dan kami akan terus berupaya semampu kami dalam membantu masyarakat yang membutuhkan kebutuhan darah di Meranti," kata Wan Suhendra.

Ia berharap, komunikasi dapat terjalin dengan baik dan dukungan terus mengalir untuk semua pihak bagi kami satu bulan bergerak demi masyarakat yang membutuhkan darah semampunya akan bantu.

"Dengan adanya, gerakan Kami ini bisa membantu masyarakat dalam masalah kebutuhan darah, dan kami harapkan semua pihak dapat bersama-sama berperan aktif dalam mendonor apabila masyarakat membutuhkan darah," ungkapnya. ***