PEKANBARU – Bank Pembangunan Daerah, Bank Riau Kepri Syariah (BRKS) membuat sejarah baru dengan menjadi BPD Syariah pertama di Indonesia yang menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi kompetensi nazhir wakaf bagi direksi, pemimpin divisi, dan pejabat eksekutif.

Demikian disampaikan oleh Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Badan Wakaf Indonesia (LSP BWI), Prof. Nurul Huda di sela-sela uji sertifikasi wakaf nazhir BRKS di Menara Dang Merdu, BRKS, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Minggu (5/2/2023).

Menurut SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Ketenagakerjaan, untuk menjadi seorang nazhir harus memiliki sertifikasi.

Tujuan sertifikasi ini adalah untuk memastikan bahwa SDM nazhir berkompeten dalam mengelola wakaf dengan baik dan memberikan rasa kepercayaan kepada masyarakat,'' jelasnya.

GoRiau

Direktur Utama BRKS, Andi Buchori, mengatakan bahwa pelatihan dan sertifikasi nazhir wakaf ini telah diselenggarakan selama 3 hari, dari 3-5 Februari 2023, dan diikuti 40 orang peserta sertifikasi yang terdiri dari direksi, pemimpin divisi, dan pejabat eksekutif BRKS.

Ia berharap agar melalui sertifikasi ini, wakaf uang di Riau dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi umat.

"Ini merupakan ikhtiar kami bersama untuk mendukung harapan Gubernur Riau untuk mengembangkan ekonomi syariah, termasuk dalam pengelolaan dana wakaf," ujar Andi. ***