JAKARTA - PT Bank Mega Tbk memberikan fasilitas kredit kepada PT Hutama Karya (Persero) sebesar Rp 12,3 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk membangun jalan tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km.

Direktur Utama Bank Mega Kostaman Thayib mengatakan, pemberian fasilitas kredit tersebut diberikan secara integrated dengan 3 term loan yaitu pinjaman untuk pembangunan jalan, pinjaman berupa Interest During Construction (IDC) dan Cash Deficiency Support (CDS) dengan total sekitar Rp 12,25 triliun.

Adapun jangka waktu pembiayaan untuk term loan 1 dan 2 selama 15 tahun, sementara untuk Cash Deficiency Support (CDS) hingga 20 tahun.

''Pembiayaan Proyek Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Dumai secara bilateral dari Bank Mega kepada Hutama Karya merupakan wujud nyata dukungan dan kontribusi terhadap pemerintah terutama dalam hal program percepatan sarana infrastruktur yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional," ujar dia di Bali, Jumat (12/10/2018).

Menurut Kostaman, kerjasama dengan Hutama Karya ini merupakan strategi Bank Mega untuk fokus menyalurkan pembiayaan pada bidang atau perusahaan dengan reputasi yang baik.

"Dan juga memberikan manfaat yang besar di masyarakat serta berperan aktif dalam pengembangan di berbagai bidang," tandas dia. ***