PEKANBARU – Ketua DPRD Riau, Yulisman, mengingatkan pemerintah terutama instansi terkait agar bisa mengantisipasi lonjakan harga Sembako di hari-hari terakhir ramadan ini.

Lonjakan harga ini, kata Yulisman, merupakan persoalan klasik yang terjadi setiap tahunnya di momen jelang lebaran. Mestinya, pemerintah sudah punya solusi agar tahun ini bisa diantisipasi.

Sebagai informasi, saat ini sejumlah harga kebutuhan pokok mulai melonjak tinggi seperti harga daging ayam, dan kebutuhan dapur lainnya.

"Jadi saya mengharapkan tahun ini tidak ada lagi masyarakat kita di Riau yang mengeluhkan semua kebutuhan pokok melonjak tinggi jelang lebaran, operasi pasar harus dilaksanakan untuk menstabilkan harga," ujar Yulisman, Senin (25/4/2022).

Selain menjaga pasokan dan pengawasan di lapangan, menurut Yulisman sejauh ini sudah banyak juga digelar operasi pasar terutama untuk kebutuhan masyarakat terhadap minyak goreng, gula, beras dan tepung.

"Jadi memang kita akui juga kebutuhan masyarakat meningkat saat memasuki lebaran, namun kan biasanya bisa diantisipasi dengan digelarnya operasi pasar itu," jelas Yulisman.

Apalagi biasanya yang menjadi penyebab lonjakan harga kebutuhan masyarakat di pasaran ini disebabkan berkurangnya pasokan dari daerah produksi, seperti Sumatera Barat dan Sumatera Utara yang selama ini daerah pemasok kebutuhan pokok ke Riau.

"Yang jelas semua pihak harus bersinergi dalam menjaga stabilitas harga, mulai dari pemerintah, hingga aparat juga untuk pengawasan," tutup Politisi Golkar ini. ***