JAKARTA - Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi menemui Anies Baswedan di Pendopo Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (3/2) sore. Kedatangannya untuk mengundang langsung mantan Gubernur DKI itu ke Rakernas Partai Ummat.

Partai Ummat akan menggelar Rakernas pertama pada 13-15 Februari 2023. Acara itu digelar di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. Ridho berharap Anies dapat hadir dalam rakernas tersebut dan menyampaikan gagasan serta visi-misinya untuk Indonesia di masa mendatang.

"Untuk itu, kami bermaksud mengundang Pak Anies untuk berkenan hadir di agenda Rakernas pertama kami, sekaligus kami meminta Pak Anies untuk dapat memberikan pandangan-pandangan tentang Indonesia ke depan di hadapan lebih dari seribu kader Partai Ummat dari seluruh Indonesia,” ujar Ridho dalam keterangannya.

Dalam pertemuan itu keduanya mendiskusikan beberapa hal mengenai situasi politik nasional. Ridho juga sempat menceritakan secara singkat sejarah berdirinya Partai Ummat hingga menjadi peserta Pemilu 2024.

"Alhamdulillah dan terima kasih atas undangan Mas Ridho, dan Insyaallah nanti saya jadwalkan hadir,” jawab Anies.

Di sela-sela perbincangan singkat itu, Ridho sempat menguji ingatan Anies. Ia mengaku sempat bertemu Anies 10 tahun lalu. "Masih ingat tidak, pak, waktu itu saya jemput bapak untuk mengisi kuliah umum di kampus Universitas Islam Indonesia (UII),” kata Ridho.

Anies baru ingat kenangan lama itu setelah Ridho menceritakan tentang ayah-ayah mereka yang sama-sama mengajar di UII. "Ya, saya masih ingat betul. Nama bapak adalah Pak Nazar, dan beliau Fakultas Hukum," imbuh Anies.

Ketika ayahanda Ridho meninggal dunia pada 2006, ayahanda Anies Baswedan, Rasyid Baswedan, datang melayat ke rumah duka. Ayahanda Anies Baswedan memberikan nasihat kepada Ridho agar menjaga ibunya.

Ridho ingat betul kata yang diucapkan oleh almarhum Pak Rasyid. “Jagalah ibumu, jagalah ibumu, jagalah ibumu,” itulah nasihat yang dikenang Ridho sampai saat ini.***