NUSA DUA - Pemain tunggal putri asal Korsel Selatan, An Se Young melaju ke final Turnamen Bulutangkis Indonesia Open 2021. Unggulan keempat ini menang atas non unggulan Thailand, Pornpawee Chochuwong, 21-19, 21-19 dalam tempo 50 menit.

Dalam pertandingan babak semifinal yang berlangsung di Bali International Convention Centra & Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Sabtu (27/11/2021), aksi pemain asal Negeri Ginseng memang lebih solid. Pertandingan berjalan seru sejak gim pertama dan kejar-mengejar angka menghiasi jalannya pertandingan.

"Saya bertanding lebih baik di hari ini. Gim pertama berjalan sangat ketat sejak awal dan saya berupaya untuk beradaptasi dengan pola permainan. Pukulannya sangat bervariasi," ujar An usai berlaga di turnamen berhadiah total 850 ribu dolar AS.

Dia mengaku, pada awalnya berfikir Chochuwong memiliki smash mematikan. Namun seiring berjalannya pertandingan, Chochuwong ternyata tidak seperti yang dipikirkan. "Tadi saya mengira dia bagus punya pukulan smash yang mematikan. Tapi bisa saya antisipasi," imbuh An.

An juga mengatakan, percaya dirinya terlalu tinggi dan sedikit menganggap mudah lawannya. Namun situasi ini membuat dirinya lengah dan melakukan kesalahan sendiri, terutama di gim kedua.

"Saya lengah di gim kedua, nyaris kalah. Tapi saya bisa membalikkan keadaan hingga akhirnya bisa menekan lagi," kata An.

Dari catatan sebelumnya, Chochuwong tak pernah mengalahkan An dalam dua pertemuan. Dia terhenti di tangan An pada Piala Sudirman 2021 dan di turnamen Thailand Open 2021.

Mengenai babak final, Minggu (28/11), An tidak mau memilih lawan. "Untuk besok, saya tidak bisa memilih lawan yang mana. Siapa pun lawannya, yang penting harus siap," kata An.

Juara Indonesia Masters 2021 ini tengah menunggu lawan dari pemenang pertandingan antara unggulan ketiga India, Pusarla Sindhu (India) melawan unggulan kedua asal Thailand, Ratchanok Intanon.

An punya rekor unggul dua pertandingan atas Pusarla dan saling mengalahkan Intanon dalam dua pertemuan. ***