SELATPANJANG - Koban angin puting beliung di Dusun I Desa Tanjunggadai, Tebingtinggi Timur dapat bantuan dari BPBD Kepulauan Meranti. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Kalaksa BPBD M Edy Afrizal dan Ketua DPRD H Fauzi Hasan.

Bantuan itu diantar langsung Edy Afrizal didampingi beberapa anggotanya, Sabtu (21/4/2018). Untuk ke lokasi bencana, petugas BPBD harus menggunakan transportasi air (speedboat) karena memang tak ada akses (jalur) darat.

Adapun empat keluarga yang mendapat bantuan logistik dari BPBD adalah Riza'i, Syahrial, Jasmir, dan M Rizal.

Barang yg diserahkan BPBD Kepulauan Meranti antara lain, beras, susu, minyak goreng, alat-alat makan, paket kit sware, paket rekreasional, sandang, dan perlengkapan sekolah anak.

BPBD Kepulauan Meranti bukan kali ini saja menyerahkan bantuan dari BNP RI melalui BPBD Riau itu ke korban terkena bencana. Sudah banyak warga terkena musibah seperti rumah terbakar, korban karhutla, dan korban tanah bergeser mendapat bantuan.

Terkadang bantuan itu juga disandingkan dengan bantuan lain yang diserahkan serentak. Seperti bantuan dari Baznas. Ucapan terima kasih dari korban pun mengalir ke organisasi perangkat daerah yang dinakhodai Edy Afrizal ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, empat rumah warga Dusun I Tanjung Kebal Timur Desa Tanjung Gadai, Tebingtinggi Timur, Kepulauan Meranti, Riau, rusak akibat dihantam puting beliung, Jumat (20/4/2018). Musibah ini pertama kali terjadi di Tanjung Gadai.

Menurut Syahrial alias Amat, salah seorang korban, angin puting beliung terjadi sekitar pukul 12.45 WIB.

Rumah miliknya, tambah Amat, mengalami kerusakan bagian atap. Namun, rumah korban lain, ada yang sampai berpindah dari tiang ke tanah.

"Kalau rumah saya, atapnya habis separo. Tapi kalau jiran saya rumahnya berpindah ke bawah," cerita Amat.

Disampaikan Amat lagi, kejadian ini pertama kali terjadi di Tanjung Gadai. "Sudah 45 tahun saya, ini yang pertama kali," ujarnya. ***