JAKARTA - Dyandra Promosindo selaku penyelenggara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 sudah memberi informasi daftar sementara peserta pameran otomotif tahunan itu. Namun dari 20 merek peserta yang diumumkan, tidak nampak merek mobil nasional, Esemka.

Dijelaskan Project Manager IIMS 2020, Rudi MF, pihak panitia penyelenggara ingin mengajak Esemka supaya bisa berpartisipasi di ajang pameran berskala internasional itu. Tapi dikatakan Rudi, pihaknya masih sulit menjalin komunikasi dengan Esemka.

Baca juga: Masih Pertanyakan Mobil Esemka? Jonan Sudah Punya Nih "Esemka jujur hari ini, justru saya mau nanya ke teman-teman media, saya bisa ngontak ke mana ya? (Terus terang-red) belum dapat ini (kontaknya-red)," kata Rudi, kepada wartawan di Ancol, Jakarta Utara, belum lama ini.

Menurut Rudi, penyelenggara IIMS 2020, masih perlu waktu untuk bisa menjalin komunikasi dengan Esemka. "Jadi kita belum ketemu orang (Esemka) yang tepat, secara EO approach-nya ke siapa, kita belum ketemu," tegas Rudi.

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh, mengatakan pihaknya sudah mengajak Esemka untuk berpartisipasi di IIMS 2020. Namun belum ada kabar positif.

"Setahu saya ada dua pihak (Esemka-red), itu dua-duanya udah dikontak. 'Ya kami pelajari dulu ya' (begitu kata mereka-red)," ujar pria yang akrab disapa Kohen, kepada wartawan.

"Belum ada konfirmasi (dari Esemka-red), tapi kalau dibilang, ketertarikan ada," lanjut Kohen.

Meski saat ini namanya belum terdaftar sebagai peserta IIMS 2020, Esemka masih berpeluang ikut dalam pameran yang digelar April mendatang di arena JIExpo, Kemayoran itu.

"Tidak ada batasan konfirmasi. Kalau saya, selama openingnya belum dibuka dan tempatnya ada, kita menerima (peserta baru-red)," jelas Kohen.

Hingga saat ini detikcom coba menghubungi PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), melalui Eddy Wirajaya selaku Presiden Direktur PT SMK. Namun sayang Eddy hingga saat ini belum merespon atau mengkonfirmasi apa yang menjadi kendala bagi PT SMK untuk bisa ikut bergabung pada ajang IIMS 2020. Bahkan saking sulitnya dihubungi, terkesan Eddy enggan mengomentari keberadaan Esemka saat ini.***