PANGKALAN KERINCI - Ketinggian muka air Sungai Kampar di Kabupaten Pelalawan, Riau, mengalami peningkatan. Pasca penambahan buka dan tinggi buka pintu pelimpah (Spillway Gate) PLTA Kotopanjang.

Ditambahnya pembukaan spillway Gate ini, berdampak naiknya elevasi air Sungai Kampar Pelalawan.

"Hari ini, level air Sungai Kampar di Pontoon Langgam 3.25 M. Trennya level air Sungai Kampar naik dari Sabtu kemarin 10 Cm," sebut Kepala BPBD Pelalawan, Hadi Penandio, Minggu (9/12/2018).

Terkait kondisi ini, BPBD Pelalawan mengimbau kepada Camat khususnya di wilayah daerah aliran sungai (DAS) Kampar untuk segera berkoordinasi dengan Upika dan instansi terkait untuk memantau situasi di wilayah masing-masing.

"Kades atau lurah agar mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Ini terkait peningkatan tinggi muka air yang akan signifikan dalam beberapa hari ini, khususnya masyarakat petani kerambah," kata Hadi Penandio.

Selain itu, Camat juga melaporkan secara periodik dan rutin update situasi lapangan. "Pembukaan spill way PLTA Koto Panjang terhitung hari ini menjadi 5 x 150 Cm," pungkasnya kepada GoRiau. ***