INGIN mempunyai  tubuh yang sehat? Tentunya itu impian semua orang bukan! dengan tubuh yang sehat maka kita akan terhidar dari berbagi macam penyakit khususnya penyakit Covid-19 yang sedang melanda bumi kita tercinta ini. Untuk itu mulai sekarang biasakan jaga kebersihan diri  agar terhindar dari penyakit.

Dibawah ini  ada tips untuk menjaga kebersihan diri kita agar terhindar dari virus:

1. Biasakan mencuci tangan dengan sabun

 https://www.goriau.com/assets/imgbank/27042020/cucitangan-8625.jpgGoogle Via https://www.google.com

Virus corona ini bisa menular melalui percikan air liur, bersin, batuk yang keluar dari mulut si penderita. Jika percikan tersebut menempel ke tangan dan permukaan benda-benda yang sering kita sentuh kita bisa tertular. Maka dari itu kita biasakan rajin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas diluar, oleh karena itu harus mencuci tangan pakai sabun yang teratur dan menyeluruh dengan menggunakan air bersih atau cairan yang mengandung alkohol (hand sanitizer).

Mencuci tangan dengan sabun dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit. Hal ini dilakukan karena tangan sering kali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan kuman berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung (menggunakan permukaan-permukaan lain seperti handuk, gelas).

Tangan yang bersentuhan langsung dengan kotoran manusia dan bintang, ataupun cairan tubuh lain (seperti ingus, dan makanan/minuman yang terkontaminasi saat tidak dicuci dengan sabun dapat memindahkan bakteri, virus yang tidak sadar bahwa dirinya sedang ditularkan 

Mencuci tangan dengan air saja lebih umum dilakukan, tetapi hal ini terbukti tidak efektif dalam menjaga kesehatan dibandingkan dengan mencuci tangan dengan sabun. Menggunakan sabun dalam mencuci tangan sebenarnya menyebabkan orang harus mengalokasikan waktunya lebih banyak saat mencuci tangan, tetapi penggunaan sabun menjadi efektif karena lemak dan kotoran yang menempel akan terlepas saat tangan digosok dan bergesek dalam upaya melepasnya. Di dalam lemak dan kotoran yang menempel inilah kuman penyakit hidup. Efek lainnya adalah, tangan menjadi harum setelah dicuci dengan menggunakan sabun dan tangan menjadi wangi. itulah yang membuat mencuci tangan dengan sabun menjadi menarik untuk dilakukan.

2. Menjaga jarak (social distancing)

https://www.goriau.com/assets/imgbank/27042020/jagajarakj-8624.jpgGoogle Via https://www.google.com

Menjaga jarak aman , terutama dengan orang yang sedang batuk atau bersin dapat membantu  menghindari penularan penyakit. Dan pastikan anda jaga jarak setidaknya 1 meter untuk menghindari penularan virus. Dan disarankan untuk tidak pergi keluar tanpa ada kepentingan. Biasakan yang sedang batuk dan bersin harus menutup mulut dan hidung supaya tidak ada penularan.

Jaga jarak di sini maksudnya adalah memastikan adanya ruang atau jarak yang cukup antara orang-orang dan membatasi sejumlah pertemuan publik, dan menghindari kerumunan massal. Contohnya yaitu saat kamu mengantri dimana saja, sediakan jarak setidaknya 1,5 meter antara orang di depan dan belakangmu.

Jaga jarak itu memang tidak mudah, apalagi sebagai manusia kita adalah makhluk sosial. Kita sudah terbiasa dengan aktivitas sehari-hari dan berinteraksi dengan banyak orang. Namun yang perlu dipahami, jaga jarak sosial terbukti efektif untuk memperlambat pandemi COVID-19 yang dapat menyebar antar manusia, sehingga hal ini menjadi faktor yang sangat penting untuk melindungi diri kamu, orang yang kamu cintai, orang-orang dalam sekitarmu. Bahkan dengan melakukan physical distancing atau social distancing, kamu bisa menyelamatkan dunia hanya dengan jaga jarak saja.

3. Memakai masker kain.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/27042020/pakaimaske-8623.jpgGoogle Via https://www.google.com

Menggunakan masker kain bisa mencegah penularan virus corona, maka dari itu pemerintah mewajibkan semua masyarakatnya menggunakan masker saat beraktivitas  diluar rumah. Adanya kewajiban memakai masker oleh pemerintah mengakibatkan sulit mencari masker. Meskipun banyak dijual di pasar-pasar kualitas masker yang dijual dibawah standar.

Jadi, jika masker digunakan dengan benar itu dapat mengurangi penyebaran virus corona di masyarakat, apalagi orang yang terinveksi dari virus namun tidak memiliki gejala apapun. Meski begitu selama beraktivitas diluar dan bertemu banyak orang  alangkah baiknya melakukan physical distancing walaupun sudah memakai masker kain, dan jika anda merasakan gejala batuk dan bersin serta sesak nafas segera periksakan ke dokter.

4. Jangan menyentuh wajah

https://www.goriau.com/assets/imgbank/27042020/jangansent-8622.jpgGoogle Via https://www.google.com

Virus covid-19 ini bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui mulut, hidung, dan mata. Maka dari itu dengan menjaga kesehatan tubuh kita saat virus corona ini kita harus membiasakan diri untuk mendiamkan tangan supaya tidak menyentuh wajah selama satu menit, Cara itulah yang bisa mencegah penularan virus corona.

Terkadang kebiasaan memegang wajah itu sering dilakukan dan tanpa disadari semua orang memeggang hidung dan mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu itu, yang sering timbul sebagai gerakan refleks tanpa disadari  bisa menimbulkan virus, dan jika sudah sadar bahwa menyentuh wajah itu tidak di anjurkan  maka akan berhati-hati terhadap niat untuk memeggang wajah yang mucul secara tiba-tiba, maka dari itu masih ada kesempatan untuk anda untuk menghilangkan kebiasaan memeggang wajah.

5. Mengkonsumsi makanan bergizi

https://www.goriau.com/assets/imgbank/27042020/makananber-8621.jpgGoogle Via https://www.google.com

Minum vitamin C dan suplemen bisa membantu memelihara daya tahan tubuh supaya mencegah adanya virus corona. Tetapi para ahli gizi mengatakan, kita lebih baik mendapatkan vitamin dan air mineral secara langsung dari sumbernya.

Vitamin C sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita supaya terhindar dari virus. Sayuran juga berperan dalam makanan yang bergizi misalnya brokoli sebanyak 40mg, dan buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu biji,pepaya, lemon, nanas, strowbery. Konsumsi minuman yang sehat untuk tubuh kita seperti jahe merah dan lainnya.

Itulah tips-tips diatas tadi bahwa kita harus menjaga kebersihan diri agar terhindar dari penyakit dan virus corona. Jangan terlalu cuek dengan hal yang sepele karena itu bisa membuat kita menyesal dikemudian hari, dan  harus dijalankan dengan sebaik-baiknya, karena bila terkena virus corona hanya dengan satu orang saja, itu bisa menularkannya ke ribuan orang di indonesia ini.

Jangan sampai anda menyebarkan virus corona ini hanya dengan malas menjaga kebersihan tubuh kita dengan rajin mencuci tangan dengan sabun  karena itu bisa mengurangi penularan covid-19. ***

* Penulis adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau