PEKANBARU - Sekretaris DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Riau, Tengku Zulmizan Assegaf mengatakan sudah mengikhlaskan Syamsuar menjadi Ketua DPD I Partai Golkar Riau.

"Kami turut berbahagia. Ya kita mungkin rugi, tetapi ya berusaha ikhlas saja (Syamsuar kembali ke Golkar, red). Ini kan politik. Artinya kami tidak akan bersedih. Buktinya kami hadir," kata Zulmizan di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Minggu (8/3/2020).

Namun, ia juga tidak memungkiri bahwa rasa kekecewaan PAN terhadap Gubernur Riau Syamsuar pastinya ada. Akan tetapi hal itu tidak perlu disesali berlarut-larut.

"Ambil hikmahnya saja. Hikmahnya banyak kok untuk kami, khususnya dalam seleksi Pilkada nanti sebaik-sebaiknya memang lebih baik memilih kader murni lah," ujarnya.

Syamsuar, imbuh Zulmizan, pada dasarnya memang telah menjadi kader PAN kurang lebih selama setahun ini, sejak dilantik menjadi Gubernur Riau waktu itu. Namun, Syamsuar sendiri sudah mengundurkan diri dan mengembalikan kartu tanda anggota (KTA) PAN pada tanggal 13 Februari 2020.

"(Syamsuar,red) sudah mengembalikan KTA (PAN, red) tanggal 13 Februari 2020. Tapi belum kami laporkan ke DPP PAN. Tapi dugaan saya, pak Syamsuar sudah bicara ke Ketum," katanya lagi. ***