PEKANBARU - Sejumlah baliho bergambar Ketua DPR RI, Puan Maharani mulai terpajang di beberapa sudut Kota Pekanbaru. Pemajangan foto ini disebut-sebut sebagai bentuk upaya persiapan menjelang Pilpres 2024.

Pasalnya, elit PDIP di tingkat pusat sudah terang-terangan menyatakan bahwa Puan Maharani akan dipersiapkan untuk maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024.

Menanggapi hal ini, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP Riau, Syafaruddin Poti mengatakan, pemasangan foto Puan Maharani merupakan bentuk kebanggaan kader PDIP terhadap sosok cucu dari Presiden Soekarno tersebut.

"Sepanjang sejarah republik berdiri, belum pernah perempuan jadi ketua DPR RI. Ini kebanggaan bagi kami," kata Wakil Ketua DPRD Riau ini, Selasa (20/7/2021).

Disinggung soal Pilpres, Politisi asal Rokan Hulu ini menyebut bahwa presiden perempuan pertama di Indonesia adalah Megawati Soekarnoputri. Artinya, perempuan bisa jadi menjadi presiden kedepannya, salah satunya adalah Puan Maharani.

"Dalam beberapa Rapat Kerja Cabang (Rakercab), ada suara-suara dukungan supaya beliau dimajukan di Pilpres. Mudah-mudahan kader dan masyarakat umum bisa mendukung beliau di Pilpres," tuturnya.

Poti menegaskan, pemasangan billboard ini merupakan inisiatif dari kader PDIP, bukan intruksi dari pusat. Pemasangan foto itu menurutnya juga tidak salah karena sekali lagi, itu merupakan bentuk rasa kebanggaan kader PDIP terhadap sosok Puan Maharani.

"Jadi ini murni bentuk kebanggaan kita, belum pernah perempuan jadi Ketua DPR RI, baru kali ini ada, jadi tak ada salahnya kalau kita berharap beliau maju (di Pilpres)" tutupnya. ***