JAKARTA - Cabang olahraga karate merasa terhormat mendapat kesempatan untuk bisa tampil pada World Beach Games I yang akan digelar di Doha, Qatar, 12-17 Oktober 2019. Untuk itu, Pelatih Kepala Tim Karate Indonesia, Abdul Kadir menyebut dua karateka yang akan diterjunkan akan berpeluang merebut medali pada event akbar olahraga pantai dunia pertama yang diprakarsai Komite Olimpiade Internasional (IOC) melalui Association National Olympic Committee (ANOC) itu.

Kedua karate yang akan tampil dalam nomor kata perorangan itu yakni Nawar Kautsar Mastura (putri) peringkat 60 dunia dan Ahmad Zigi Zaresta Yuda (putra) yang kini menduduki peringkat 19 dunia.

"Persiapan sudah maksimal kita lakukan. Nawar dan Zigi itu cukup berpeluang menyumbangkan medali bagi Kontingen Indonesia di World Beach Games I/2019," kata Abdullah Kadir saat menerima kunjungan Chef de Mission (CdM) Kontingen World Beach Games Indonesia, Hellen Sarita de Lima yang menyaksikan langsung Nawar menjalani latihan pelatnas dengan biaya penuh Kemenpora di Wisma Serba Guna Komplek Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu, 2 Oktober 2019.

Alasan karateka yang pernah menduduki peringkat ketiga dunia pada tahun 1998 menyebut anak asuhannya itu berpeluang merebut medali karena keduanya berada dalam peringkat dunia. Selain itu, dia menyebut, karateka yang menjadi saingan keduanya di World Beach Games I/2019 itu sudah sering bertemu.

"Saya sudah melihat daftar karateka yang tampil di World Beach Games I/2019 dimana mereka pernah dikalahkan Nawar dan Zigi dalam event. Itu yang membuat saya merasa yakin Nawar dan Zigi mampu mewujudkan keinginan menyumbangkan medali," jela Abdullah Kadir yang merupakan peraih medali emas SEA Games Singapura 1993 dan SEA Games Brunai Darussalam 1999.

Tekad untuk memberikan yang terbaik juga dilontarkan Nawar Kautsar Mastura. "Ya, saya merasa terhormat bisa tampil di World Beach Games I/2019. Dan, saya akan berusaha bisa memberikan yang terbaik dalam penampilan nanti," kata Nawar yang menduduki peringkat 60 dunia.

Dalam latihan di Wisma Serba Guna Kompleks Gelora Bung Karno itu, Zigi tidak ada. Pasalnya, dia masih mengikuti Premier League di Moskow. "Zigi akan kembali ke Indonesia tanggal 8 Oktober nanti dan langsung bergabung dengan Kontingen Indonesia," ujar Abdullah Kadir.

Secara khusus, Hellen Sarita de Lima berbincarg dengan Nawar dan menyebutnya sebagai karateka putri yang tampil di World Beach Games I/2019 atas prestasi yang telah dicapainya selama ini. "Peserta World Beach Games ini bukan sembarangan. Semuanya ditentukan berdasarkan peringkat dunia. Dan, saya harap Nawar tampilkan yang terbaik untuk bisa mewujudkan keinginan menyumbangkan medali bagi Kontingen Indonesia," katanya. ***