SELATPANJANG - Dari 96 desa di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, sebanyak 91 desa telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai melalui Dana Desa (BLT-DD).

Hanya tinggal 5 desa lagi yang belum menyalurkan BLT-DD atau penyaluran tersebut sudah mencapai 94,8 persen.

"91 desa dari total 96 desa di Kabupaten Kepulauan Meranti telah menyalurkan," ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kepulauan Meranti, Drs Ikhwani, melalui Kabid Pemdes, Darwis.

Dikatakan Darwis penyaluran 5 desa lainnya tidak bisa dilaksanakan karena momen Hari Raya Idul Fitri sehingga tidak bisa melakukan penarikan uang dari bank.

"Penyaluran BLT-DD akan dilanjutkan setelah hari raya Idul Fitri, disebabkan tidak dapat melakukan penarikan uang di bank," ujar Darwis.

Ditambahkan Darwis BLT-DD telah membantu sekitar 9.853 KK dari total 10.493 KK yang terdaftar.

Seperti diketahui penetapan dan penyaluran BLT-DD dilaksanakan melalui Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) yang melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Bhabinkamtibmas dan perwakilan masyarakat.

Selain itu pemberian bantuan langsung tunai juga dilaksanakan menyesuaikan dengan kondisi desa dengan memperhatikan protokol kesehatan dengan pendampingan aparat keamanan di desa.

Tiap-tiap desa juga dikatakan Darwis memiliki jumlah penerima BLT-DD yang berbeda-beda. Ada desa yang bisa mengakomodir semua ada desa yang tidak bisa mengakomodir semua, oleh sebab itu terap ada desa yang mendapat bantuan dari kabupaten lagi.

Masyarakat penerima BLT-DD akan menerima uang tunai sebesar Rp600.000 per KK setiap bulannya selama tiga bulan. ***