SELATPANJANG - Sekitar 50 persen penghuni Cabang Rumah Tahanan Kelas II Selatpanjang belum mengantongi identitas untuk mengikuti Pilkada Meranti 9 Desember 2015 mendatang. Namun hal ini telah dikoordinasikan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Meranti.


Menurut Ketua KPU, Yusli SE, mereka telah diberitahukan pihak Rutan Selatpanjang terkait belum punya identitas pada beberapa warga binaan. Menanggapi hal ini, KPU Meranti mengaku telah berkoordinasi dengan Disdukcapil Meranti.
"Kita minta surat dari Kalapas yang menerangkan bahwa mereka yang belum memiliki identitas itu benar-benar warga Meranti," kata Yusli, Selasa(17/11/2015).
"Kita tidak mau menghilangkan hak pilih warga. Setelah kita koordinasikan ke Capil, hal ini sedang ditelusuri," tambahnya.
Sebelumnya Kepala Cabrutan Kelas II Selatpanjang Wiwid Feryanto Rahardian mengatakan setidaknya dari 169 orang warga binaan merupakan pemilih pada Pilkada 9 Desember 2015.
Namun, dari pendaat oleh pihak KPU beberapa waktu lalu, tambah Wiwid, sekitar 50 persen dari penghuni lapas tidak memiliki identitas.
Pada Pilkada nantinya, di Lapas Selatpanjang ini akan ada satu TPS yang disediakan untuk warga binaan memberikan hak pilihnya. ***