ACEH BARAT - Empat siswi Madrasah Aliah Negeri (MAN) di Meulaboh, Aceh Barat diduga keracunan usai minum susu, semangka dan teh dalam kemasan saat berbuka puasa sunnah, di asrama sekolah mereka, Kamis (28/4/2016). Akibatnya empat siswa ini terpaksa dilarikan ke ruang IGD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien untuk mendapatkan perawatan medis.

"Tadi kami puasa sunnah hari Kamis, saat buka puasa kami berempat minum susu, semangka dan teh dalam kemasan, setelah itu langsung pusing dan muntah-muntah," kata salah satu siswa yang keracunan saat menjalani perawan di Ruang IGD RDUD setempat, Kamis (28/04/2016) malam.

Menurut dokter Fahmi, yang menangani pasien tersebut mengatakan, empat siswa tersebut mengalami keracuan usai menyantap makanan, karena pasien saat dibawa ke rumah sakit dalam keadaan lemas dan muntah.

"Pasien mengalami keracunan makanan, karena pasien mengaku saat buka puasa langsung minum susu, semangka dan teh kemasan," katanya.

Empat siswa yang diduga keracunan makan, satu di antaranya diperbolehkan pulang karena kondisi telah membaik. Tiga lainnya yaitu Safira, Nurul dan Alfira, siswi kelas II itu hingga tadi malam masih menjalani perawatan. Sedangkan satu di antaranya, dibawa ke ruangan karena harus rawat inap.

Sementara itu pihak sekolah MAN tempat siswa sekolah menolak untuk memberikan keterangan saat dikonfirmasi wartawan, karena siswa yang mengalami keracunan itu minum dan makan dari luar asrama, sehingga bukan tanggung jawab sekolah.

"Mereka keracunan karena minum dan makan dengan membeli di luar. Jadi itu di luar tanggung jawab kami. Kami tidak mau dikonfirmasi karena sedang ada pekerjaan," kata salah satu guru yang ditemui wartawan sambil langsung masuk ke dalam ruang kantor sekolah tersebut, Kamis (28/04/2016) malam. (alq)