BENGKALIS-Menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan melaksanakan pawai obor atau taptu. Kegiatan yang melibatkan 3.758 peserta dari instansi pemerintah, pendidikan dan swasta, dilaksanakan Rabu (16/8/2017).

''Pelaksanaan pawai obor/taptu, sebagai upaya untuk mengingat kembali perjuangan pahlawan merebut kemerdekaan RI. Alhamdulillah, sejauh ini seluruh instansi sudah menyatakan siap untuk mengikuti kegiatan ini,'' ungkap Ketua Pantiai HUT ke-72 RI, Arianto, Rabu (15/8/2017).

Pawai obor/taptu akan dilepas langsung oleh orang nomor satu di Negeri Junjungan, Amril Mukminin, mulai pukul 19.00 WIB start di depan Wisma Sri Makhota Jalan Antara. Rute yang bakal dilalui oleh 3.758 peserta ini, mulai dari Jl Antara – Jl Gatot Subroto – Jl HOS Cokroaminoto – Jl Bengkalis (Kebun Kapas) – Jl Bantan (Senggoro) kembali ke Jl Antara.

''Selama melaksanakan pawai obor/taptu, para peserta akan membawa obor sambil menyanyikan lagu-lagu nasional dan patriotisme,'' ujar Arianto.

Peserta yang akan meramaikan pawai obor ini berasal dari Pramuka sebanyak 50 orang, KNPI dan organisasi kepemudaan lainnya 100 orang. Kemudian dari kalangan perguruan tinggi sebanyak 200 orang yang berasal dari empat perguruan tinggi di Bengkalis, yakni Politeknik Negeri Bengkalis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah dan Akademi Komunitas Negeri Bengkalis.

Kemudian dari kalangan sekolah, mulai dari sekolah dasar (SD) sebanyak 10 sekolah dengan jumlah peserta 500 orang. Kemudian SLTP sebanyak 8 sekolah melibatkan 482 orang, SLTA 9 sekolah dengan jumlah peserta 486 orang.

Kemudian peserta terbanyak dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis sebanyak 1.800 orang yang berasal dari 36 Organisasi Perangkat Daerah. Instansi vertikal dari 5 instansi sebanyak 50 orang dan Linmas 10 desa/kelurahan di Kecamatan Bengkalis sebanyak 50 orang.

Untuk semakin meriahkan kegiatan pawai obor/taptu, Arianto dihimbau masyarakat untuk berpartisipasi dan meramaikan. Caranya, warga bisa menyaksikan kegiatan tersebut di sepanjang jalan yang dilewati oleh peserta obor.*** #BENGKALIS